67 Petugas Medis Positif Corona di NTB Tertular Dari Pasien Yang Mereka Tangani - Savana News

Breaking

29 May 2020

67 Petugas Medis Positif Corona di NTB Tertular Dari Pasien Yang Mereka Tangani


Mataram - Gugus Tugas penanganan pencegahan wabah Covid-19 Nusa Tenggara Barat (NTB) merilis, sebanyak 67 Tenaga Kesehatan (Nakes) terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga hari ini jumlah 67 tenaga kesehatan yang positif tersebut 64 orang diantaranya masih dirawat untuk menjalani isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi memaparkan, 67 nakes positif Covid-19 ini terdiri dari delapan orang dokter, 54 orang tenaga medis, tiga orang Apoteker, Radiologi dan tenaga gizi masing-masing satu orang.

”67 nakes positif Covid-19 ini tersebar di tujuh rumah sakit serta satu Puskesmas yang ada di NTB.” Ujarnya. Rabu 27/05/2020.

Menurunnya imunitas paramedis selama bekerja menangani pasien positif Covid-19, menjadi penyebab utama infeksi virus terjadi. Sehingga membuat penularan ini disebut sebagai Kluster Nakes, akibat tumbangnya 67 tenaga kesehatan tersebut.

”Awal Februari tenaga kesehatan kita sudah mulai bekerja. Sampai pertengahan Maret ditemukan kasus. Kita bekerja sampai tidak tahu jam, tidak tahu hari,” tandas dokter Eka.

Dijelaskan, bulan Mei pertengahan, satu per satu nakes NTB mulai bertumbangan. Lebih kurang satu bulan nakes yang positif Covid-19 akhirnya tidak bisa bekerja.

” Jika satu saja dari anggota regu tumbang, maka semua dalam satu regu itu harus di-off-kan. Jadi inilah yang dihadapi rumah sakit saat ini,” ujarnya
“Beberapa di antaranya sudah menulari keluarganya juga,” tambah Eka.

Sekalipun Nakes NTB dalam kondisi memprihatinkan, Kadis Kesehatan menjelaskan tetap mengupas pelayanan maksimal pada masyarakat. Faktor ini pula menjadi pertimbangan, nama rumah sakit tempat para nakes bekerja tidak dimunculkan.

”Soalnya, stigma dalam masyarakat sudah terlanjur menganggap Covid-19 itu adalah ‘aib’. Sehingga dikhawatirkan masyarakat jadi tidak terbuka, dan enggan memeriksakan diri ketika diketahui ada gejala Covid-19.” Sambung dia.

Sementara itu Jenis kelamin tenaga medis yang positif laki-laki sebanyak 29 orang dan perempuan 38 orang. Sedangkan untuk rasio umur, 21-30 tahun sebanyak 28 orang, 31-40 tahun sebanyak 25 orang, 41-50 tahun sebanyak 12 orang dan di atas 50 tahun dua orang.

Para nakes yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, telah dilakukan tracing contack. Dan perawatan serta isolasinya telah dikonsentrasikan di asrama haji jalan lingkar Mataram. (*)

KSPN NTB Gelar Deklarasi NTB Aman

 MATARAM - Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Nusa Tenggara Barat (KSPN NTB) menggelar diskusi publik bertema mengkritisi UU Omnibuslaw Ci...

Archive