Breaking News

Bansos PKH Cair, Kadisos NTB Ingatkan Penarikan Bantuan Harus Dicairkan Sendiri Oleh KPM


Mataram - Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) RI di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi NTB telah disalurkan pada rekening masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan Jumlah penerima manfaat per September 2020 sebanyak
352. 419 KPM.

“Pada bulan september telah disalurkan pada rekening 352.419 KPM,” Ungkap Kepala Dinsos Provinsi NTB. Ahsanul Khalik. S.Sos MH, Selasa (3/9) pagi.


Menurutnya, untuk pencairan berikutnya dijadwalkan per triwulan yang akan dibayarkan pada bulan Oktober, untuk bantuan Oktober, Nopember dan Desember. Untuk itu, demi kelancaran penyaluran, Pihak Dinsos Kabupaten/Kota dan Seluruh SDM Pelaksana PKH akan koordinasi dengan pihak Bank penyalur, mensosialisasikan jadwal penyaluran dan memanfaatkan bansos sesuai peruntukannya.


“Pendamping Sosial PKH, segera mengechek KPM dampingannya, apakah sudah mencairkan atau belum, sebagai bahan rekonsiliasi penyaluran,” Harapnya


Khalik mengatakan, dalam berbagai kesempatan berulang kali disampaikan. Bahwa bansos ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima PKH. KKS sebagai ATM penarikan bantuan harus di pegang sendiri dan dicairkan sendiri, tanpa dititipkan pada pihak manapun yang tidak berkepentingan.


“Pastikan bantuan PKH dicarikan sendiri. Bukti penarikan untuk disimpan dengan baik, sebagai bukti pencocokan jumlah bantuan dengan jumlah komponen anggota Keluarga PKH,” Tegasnya


Selain bansos harus dicairkan sendiri oleh penerima Manfaat, Khalik menghimbau agar saat penarikan bansos untuk menghindari kerumunan dalam satu tempat. Upayakan tetap disiplin mengikuti protokol Pemerintah, jaga jarak dan pakai masker. Bansos PKH bisa diambil ATM atau agen Bank penyalur. Kapan dan dimana saja.


“Selalu jaga jarak dan pakai masker saat berpergian keluar rumah,” Imbaunya.


Berdasaran surat Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK) Kemensos RI, nomor 1550/3.4/BS.01.01/8/2020 tanggal 26 Agustus 2020 perihal Edaran Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial PKH. Pada mada pandemi Covid19, Dit Jamsos Keluarga di bulan Juli dan agustus telah menyalurkan dana bansos untuk wilayah NTB. Rincian bulan Juli sebesar Rp.83.558.799.000, diperuntukan bagi 339.588 KPM. Sedangkan bulan Agustus sebesar Rp. 84.992.950.000 , diperuntukan bagi 344.855 KPM. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News