Breaking News

Destinasi Wisata Tiga Gili Dinobatkan Jadi Smart Electric Island


Mataram - Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, atau yang dikenal dengan Kawasan Tiga Gili merupakan salah satu kawasan pariwisata unggulan di provinsi Nusa Tenggara Barat. 


Sebagai salah satu destinasi priroitas yang masuk ke dalam 5 agenda besar nasional, listrik di Kawasan Tiga Gili menjadi salah satu infrastruktur yang harus selalu dijaga keandalannya.


Dalam upayanya meningkatkan pelayanan di Kawasan Tiga Gili, PLN Unit Induk Wilayah NTB meluncurkan program Smart Electric Islands.


“Fokus utama program ini adalah memigrasikan pelanggan 1 phase dari pasca bayar menjadi pra bayar. Karena dengan layanan listrik pra bayar, pelanggan lebih fleksibel dalam mengatur pemakaian listriknya, menyesuaikan dengan kondisi bisnisnya”, jelas Lasiran, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB.


Tak hanya fleksibilitas layanan, listrik pra bayar juga praktis dan lebih nyaman dan menjaga privasi pelanggan karena tidak ada  pembacaan meter yang dilakukan petugas.


Fitur lain dari program Smart Electric Islands ini adalah “SMS Blast”, yang akan mengirimkan secara otomatis via SMS tagihan rekening listrik bulan berjalan, di tanggal 10-20 setiap bulannya.


“Jadi, untuk pelanggan 3 phase yang masih menggunakan pasca bayar, pelanggan akan mendapat notifikasi dari PLN untuk informasi tagihan rekening listriknya”, tutur Lasiran.


Sebagai langkah awal, PLN Unit Induk Wilayah NTB melakukan komunikasi ke seluruh stakeholder untuk mendukung terealisasinya ini.


Peresmian Smart Electric Islands sendiri dilaksanakan pada hari Senin (26/10) di Gili Trawangan. Dihadiri oleh beberapa stakeholders, antara lain pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Dinas ESDM Provinsi NTB, Kodim Lobar, Koramil Lombok Utara, Polres Lombok Utara, Dinas Pariwisata Lombok Utara dan beberapa perangkat desa dan dusun.


“Inovasi ini merupakan terobosan yang dikembangkan PLN agar masyarakat nyaman dalam transaksi listrik. Atas nama pemerintah Kabutapen Lombok Utara, kami apreasiasi kepada PLN atas supportnya menggerakkan ekonomi,  khususnya masyarakat Gili Indah", ujar  H. Rusdi, Asisten II Kabupaten Lombok Utara.


Pelaksanaan program Smart Electric Islands ini diawali pada bulan Agustus 2020. Total sebanyak 495 pelanggan di kawasan Tiga Gili dimigrasikan menjadi pelanggan pra bayar., dan 389 pelanggan telah dipasang shunt trip pada sistem Automatic Meter Reading -nya yang juga berfungsi untuk memonitor pemakaian listrik di pelanggan secara periodik. 


Total pelanggan di Kawasan Tiga Gili sendiri adalah sebanyak 889 pelanggan, yang terdiri dari 884 pelanggan di sisi tegangan rendah dan 5 pelanggan di tegangan menengah.


Hingga akhirnya, di akhir Oktober 2020, sebagai kado Hari Listrik Nasional ke 75, 100% pelanggan 1 phase di kawasan Tiga Gili menjadi pelanggan pra bayar melalui program Smart Electric Islands.


“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terealisasinya program ini. Saya juga berharap, ke depan, PLN dapat terus dan lebih baik lagi dalam melayani”, ujar Lasiran.


Acara juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa pelanggan yang membayar di awal waktu, yaitu Hotel Villa Ombak, Samba Villas, Pearl of Trawangan dan Blue Marlin Wisata. Selain itu, juga dimeriahkan dengan lomba memasak kompor induksi oleh stakeholder yang dimenangkan oleh Dinas ESDM Provinsi NTB. (Yong)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News