IJTI NTB Dukung Program Kampung Sehat - Savana News

Breaking

31 October 2020

IJTI NTB Dukung Program Kampung Sehat

Kapolda NTB, Danrem 162wb Bersama Gubernur NTB melaunching Kampung Sehat di Desa Gegelang kabupaten Lombok barat

Mataram - Program kampung sehat menuju adaptasi kebiasaan baru yang di gagas oleh Kepolisian daerah Nusa Tenggara barat (POLDA NTB) menjadi perhatian semua pihak, berkat meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat ditengah pandemi covid-19.


Tidak heran jika dukungan dari semua pihak terus mengalir hingga menjelang puncak pelaksanaan program tersebut, baik dari pemerintah daerah maupun kalangan organisasi pers tidak terkecuali Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia daerah Nusa Tenggara barat (IJTI NTB).

Ketua IJTI NTB Riadis Sulhi menyampaikan pihaknya mendukung penuh terselenggaranya program kampung sehat, mengingat Peran serta program ini bukan saja untuk mengajak masyarakat hidup bersih dan mematuhi protokol penanganan Covid-19, Melainkan juga untuk menekan angka kriminalitas dan peredaran gelap narkoba. Sehingga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di NTB terwujud.

"Program kampung sehat menjadi salah satu terobosan yg brilian dari kapolda NTB untuk membangun imunitas masyarakat secara alami di masa pandemi, dan mengedukasi masyarakat untuk bangkit secara ekonomi sesuai dgn potensi di daerah masing-masing," paparnya.

Menurut Riadis, sapaan akrabnya. Program kampung sehat ini merupakan strategi yang cukup tangguh dalam menghadapi tantangan dari dampak pandemi yang ditimbulkan, terutama sektor perekonomian masyarakat.

"Gagasan kampung Sehat layak menjadi salah satu terobosan untuk menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat segera bangkit dari dampak pandemi," ucapnya.

Dengan perkembangan penyebaran Covid-19 yang tidak dapat diprediksi kapan berakhirnya, apalagi belum ditemukan vaksin atau obatnya serta tingkat kedisiplinan masyarakat masih rendah. Untuk itu, pihaknya berharap agar masyarakat bisa bangkit melalui program kampung sehat ini dengan meningkatkan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki.

"Kita harapkan dengan adanya program ini, masyarakat bisa terbantu untuk menjadi lebih tangguh dalam menghadapi masa sulit tanpa harus bergantung terus menerus pada stimulan," harapnya.

Sementara itu Polda NTB sebagai inisiator beserta Pemerintah Daerah, Polres, Polsek dan didukung TNI, instansi terkait serta Mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru yang dilaksanakan terhitung mulai tanggal 19 Juni sampai dengan 9 November 2020, dibidang Kesehatan, Bidang Sosial Ekonomi, Bidang Keamanan dan Bidang Informasi dan Kreatifitas dengan mengedepankan kegiatan sebagai Motivator, Fasilitator dan Dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, meningkatkan ketahanan pangan dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat NTB bisa semakin produktif.

Seperti diketahui aktualisasi kegiatan tersebut sebagai salah satu strategi Pemerintah dilakukan melalui kerjasama dan kemitraan Polri dengan potensi masyarakat dalam rangka mendorong dan menggerakkan potensi masyarakat untuk ikut serta berperan secara aktif dalam meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Peraihan prestasi para peserta juga tidak dapat dipisahkan dari kualitas atau hasil dari kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan, mentor, dan sarana pendukung lainnya. Dengan demikian akan terpilih desa terbaik yang benar-benar melaksanakan sesuai indikator yang diberikan pada masing-masing desa yang nantinya akan menjadi desa Role Model dalam memerangi Pandemi virus Corona/ COVID 19. (Yong)

Hindari Pelanggaran Dalam Bermedsos, Prajurit Kodim 1620/Loteng Dapat penyuluhan Hukum Tentang UU ITE

    Lombok Tengah, (savananews) – Anggota Kodim 1620/Loteng mendapat penyuluhan hukum yang disampaikan oleh Tim Hukum Kodam (Kumdam) IX/Ud...

Archive