TNI-POLRI Dorong Personil Netral Dalam Pilkada - Savana News

Breaking

5 October 2020

TNI-POLRI Dorong Personil Netral Dalam Pilkada


Lombok Tengah – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah menjadi momentum penting menguji netralitas ASN dan juga personil TNI-POLRI  agar tidak terlibat politik praktis. 


Kodim1620/Loteng  dan Polres  Lombok Tengah mengingatkan para personilnya untuk tidak berpolitik praktis dan mendukung pasangan calon dalam pilkada.

“Saya sudah tekankan bahwa anggota Polrio, khusunya Polres Lombok Tengah dilarang berpihak pada salah satu paslo, dan harus menjaga netralitas, kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho ditemui usai perayaan Hut TNI Ke-75 di Makodim 1620/Loteng.


Dia menakankan Personil  Polres Lombok Tengah diwajibkan untuk turut mengamankan pilkada secara professional, agar berjalan tertib dan berkualitas.

Jika nantinya ditemukan personil yang tidak netral,  institusi akan menerapkan sanksi tegas kepada mereka,  dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku dalam tugas kedinasan.

“Saya akan tindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku, apabila ditemukan anggota yang berpihak pada salah satu pasangan calon,” jelasnya.


Hal senada disampaikan Kepala Staf Kodim 1620/Lombok Tengah Mayor Infantri Dian Aksmiyandita yang mengatakan Tentara Nasional mewajibkan seluruh personil untuk netral dan tidak terlibat dalam politik praktis dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020.

“kita tidak boleh ikut campur selama pilkada, kita hanya sebagai pengawas dan membantu pihak kepolisian,” katanya.


Dirinya menegaskan jika ada anggota yang ditemukan terlibat politik praktis dengan mendukung salah satu psangan calon, akan diberikan tindakan berupa sanksi sesuai aturan dari institusi militer.

“Kita akan tindak sesuai dengan sesuai dengan keputusan dari institusi militer. Kalau untuk sanksi pemecatan itu tergantung dari pengadilan militer. Kita akan ikuti prosesnya,” tegasnya.


Dalam pelaksanaan pilkada tahun ini sebanyak 1300 personil gabungan disiapkan, untuk mengamankan jalannya pilkada agar berjalan tertib dan lancer hingga pemungutan suara berlangsung. (Man)

KSPN NTB Gelar Deklarasi NTB Aman

 MATARAM - Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Nusa Tenggara Barat (KSPN NTB) menggelar diskusi publik bertema mengkritisi UU Omnibuslaw Ci...

Archive