Breaking News

Gubernur NTB, berbagi pandangan dan pengalaman bersama Gubernur Lampung


Savananews.cpm | Lampung - Usai mengisi tabligh akbar di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Bandar Lampung, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi diundang penjabat sementara Gubernur Lampung, Didik  Suprayitno di kantor Gubernur Lampung, Kamis (22/03/2018). Didik Suprayitno mengundang Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu untuk bersilaturahmi sekaligus untuk berbagi pengalaman terkait kepemimpinan serta program-program Pembangunan yang dilaksanakan baik di Provinsi NTB maupun di Provinsi Lampung. 

Kedatangan Gubernur TGB tersebut langsung disambut oleh pejabat sementara Gubernur Lampung Didik Suprayitno beserta seluruh pejabat di lingkup pemerintah provinsi Lampung. 

Di ruang rapat utama Kantor Gubernur , Gubernur TGB  berbagai pandangan serta pengalaman tentang  modal sosial yang ada di NTB, termasuk bagaimana menangani masalah konflik sosial sekiranya ada yang terjadi. 

TGB menjalaskan setiap ada potensi pembangunan, maka akan berjalan seiring dengan tantangan. Karena itu, dalam setiap tahapan pembangunan itu lanjut TGB, selalu dilakukan evaluasi setiap tahun. 

Hal itu yang seringkali dilakukan TGB semenjak mempin NTB, di sehingga menjadi daerah yang berkembang cukup pesat. Apalagi didukung potensi pertanian, keindahan alam dan modal sosial yang mumpuni, NTB menjadi daerah tumpuan pusat untuk pangan nasional. 

Mengenai konflik sosial, TGB menjelaskan, sesuai hasil evaluasi dan rekapitulasi serta analisis, ada tiga unsur utama yang menyebabkan terjadinya konflik sosial. Yaitu Pertama, pemahaman keagamaan yang masih kurang. Yang kedua adalah perebutan Sumber Daya Alam dan yang ketiga adalah lemahnya penegakan hukum. Karena itu, untuk menangani masalah sosial, salah satu unsur penting adalah penegakan hukum yang adil. Hal itulah yang dilakukan di NTB sehingga keamanan daerah terjamin. 

"Sebagaimana saya saksikan di Lampung ini, sumber daya alamnya luar biasa. Sektor pertanian dan perikanan, kehutanan yang melimpah," jelas TGB. Dengan potensi itu lanjut TGB, Lampung akan menjadi provinsi yang maju dan  berkembang, aman dan sejahtera. 

Penjabat Sementara Gubernur Lampung, Didik Supayitno menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas silaturrahim tersebut.  Dengan harapan silaturrahim ini akan membawa berkah. Ia menjelaskan Lampung cukup luas, yang terdiri dari 2 kota, 13 Kabupaten. 32 persen penduduknya berasal dari Jawa, 27 persen adalah asli Lampung. 

Sisanya dari dari etnis lain. Sedangksn penduduknya 80 persen beragama Islam. Pertanian menjadi potensi utama. Ia juga menjelaskan kalau di Lampung akan dibangun tol trans Sumatera. Kalau sudah selesai dibangun tol itu lanjutnya, maka produk pertanian akan lebih baik dan membawa kesejahteraan masyarakat. 

Ia juga menyampaikan kalau Lampung relatif aman. Bahkan, selama 3 tahun mendapat penghargaan di Kemendagri, terkait penanganan konflik terbaik. Kalau terjadi konflik, rata rata karena lahan. 

Didik Supayitno juga menyampaikan terima kasih atas silaturahmi tersebut. Dengan harapan akan membawa keberkahan.

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News