Breaking News

Tingkatkan Kualitas SDM, Fiddin Siapkan Program Gema Ampuh




(Savananews.com) Lombok Timur - Potensi alam, wisata, kelautan, pertanian maupun perkebunan di Kabupaten Lombok Timur dikenal melimpah, Namun  selama ini sumber daya alam dan hayati tersebut belum dikelola secara maksimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Karena alasan itu, Calon Bupati Lombok Timur No 4,  HM. Syamsul Luthfi bertekad  meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) warga  Lombok Timur , dengan maksud  kedepan nanti Pemda Lotim mampu mengelola dan memanfaatkan  kekayaan alam untuk kemaslahatan dan kemajuan daerah dengan SDM warga Lotim yang terampil diberbagai bidang kehidupan . 

“Sebenarnya Lombok Timur ini daerah yang kaya akan potensi. Hanya saja, kita masih belum bisa memaksimalkan potensi itu dengan baik untuk kemajuan daerah karena keterbatasan SDM. Untuk itu, peningkatan kualitas SDM akan kita lakukan,” kata Syamsul Luthfi kepada awak media disela-sela kampanye dialogis, Minggu ,3/6/2016.

Menurut Luthfi banyak cara untuk meningkatkan SDM yang akan dilakukan pasangan Fiddin.  Salah satunya adalah menggulirkan Renstra Fiddin bidang pendidikan yakni  Program GEMA AMPUH (Gerakan Masyarakat Antisipasi Murid Putus Sekolah).

Lebih jauh Luthfi menjelaskan  program jaring pengaman  GEMA AMPUH ini anggarannya dirancang bersumber melalui pembiayaan “Three Partied” yaitu  penyediaan anggaran melalui kerjasama Pemerintah Kabupaten Lombok Timur,  dana CSR perusahaan swasta dan Partisipasi wali murid.  "ada semacam cross subsidi antara murid yang mampu dan yang tidak mampu," jelas Luthfi.

Program ini , lanjut Luthfi di design untuk  meningkatkan kualitas dan kapasitas  tenaga pengajar agar dapat memberikan pendidikan yang baik kepada pelajar. “Pelan-pelan, metode ini nanti akan dilaksanakan pada SMA Negeri dan Swasta. Siswa/siswi akan dididik untuk menjadi calon-calon pemimpin agar dapat mengabdikan dirinya untuk daerah dan rakyat Lombok Timur,” ungkapnya .

Cabup Lombok Timur nomor 4  ini  menyadari bahwa seiring dengan kemajuan jaman, maka  kehidupan akan terus berputar. Karena hal itu, Pemerintah Daerah harus menyiapkan generasi penerus untuk masa depan. “Dunia ini kan berputar. Kalau tidak kita siapkan saat ini, mau bagaimana nasib Lombok Timur kedepan?,” kata kakak dari Dr. M. Zainul Majdi atau yang lebih dikenal TGB itu.

Bidang pendidikan, ungkap Luthfi, akan menjadi prioritas pembangunan di Lombok Timur kedepan. Masyarakat sebagai motor pembangunan harus mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas akan taraf kehidupan rakyat semakin baik dimasa yang akan datang.

“Kalau kita punya potensi tapi orang lain yang menggarapnya buat apa? Rakyat akan semakin sengsara,” tutup Luthfi. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News