Breaking News

TGB Lantik Komisioner KPID NTB periode 2018-2021



(SavanaNews.Com) Mataram - Gubernur NTB, Dr TGH Muhammad Zainul Majdi melantik Komisioner KPID NTB periode 2018-2021. Gubernur berharap dengan dilantiknya Komisioner KPID NTB yang baru, kiranya akan menjadi jembatan terbaik bagi aspirasi masyarakat.

"Bagaimana ruang publik penyiaran dapat menghadirkan konten-konten penyiaran yang mendatangkan kebaikan dan kemanfaatan bagi NTB," kata Gubernur yang lebih dikenal sebagai Tuan Guru Bajang (TGB) ini saat melantik tujuh orang Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi NTB masa bhakti 2018-2021, di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB, di Mataram Rabu (25/4/2018). 

Pelantikan Komisioner KPID saat ini, disampaikan Gubernur TGB, adalah sebagai pengingat bahwa komisioner KPID NTB memiliki tugas yang sangat penting dalam mengelola ruang udara di Indonesia. Menurutnya, Frekuaensi udara saat ini harus dapat dikelola dengan baik, karena jika tidak dikelola dengan baik akan dapat menjerumuskan bangsa. 

Frekuensi udara memiliki peran sangat strategis, baik dalam menebarkan kebaikan dan memerangi merebaknya berita-beria hoax yang berada di ruang publik, seperti di media-media sosial yang ditebarkan melalui frekuensi udara. 

“Ruang udara kita harus dikelola dengan baik, kalau tidak akan dapat menjerumuskan bangsa”, ujarnya. 

Untuk itu, TGB berharap kepada Komisioner KPID NTB yang baru, agar dapat meneruskan dan mencontoh kebaikan-kebaikan dari komisioner sebelumnya. Pemerintah dan masyarakat NTB menaruh harapan besar, dengan keberadaan KPID NTB akan mampu mengisi frekuensi penyiaran di NTB dengan berita-berita yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. 

Komisioner KPID NTB, lanjut TGB, agar benar-benar memanfaatkan masa tugas selama tiga tahun untuk memberikan pengabdian terbaik kepada daerah. KPID harus mampu mengarahkan stasiun-stasiun TV yang ada di NTB agar mentaati aturan penyiaran sesuai undang-undang yang ada. Termasuk dalam pemanfaatan 10 persen dari 20 persen konten dapat dipakai untuk iklan layanan masyarakat di NTB. 

“Saya yakin Komisioner KPID NTB yang baru, dengan usia muda dan energik, akan mampu melaksanakan tugas dengan penuh kejujuran dan maksimal”, pungkasnya. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua KPI Pusat, Yuliandri Darwis, dalam sambutannya juga berharap kepada anggota Komisioner KPID NTB masa bhakti 2018-2021, agar dapat mempergunakan waktu selama tiga tahun untuk benar-benar mengabdi kepada masyarakat dan daerah. 

Selain itu, keberadaan komisioner yang baru KPID NTB ini, kedepan dalam masa tugasnya harus benar-benar dapat memastikan bahwa potensi-potensi Provinsi NTB untuk dapat ditampilkan di media-media Televisi tingkat nasional. 

“Komisioner yang baru ini, harus dapat memastikan potensi NTB untuk tampil di media-media di tingkat nasional”, pintanya. 

Ia juga meminta kepada stasiun TV lokal di NTB untuk dapat menjalankan penyiaran sesuai dengan regulasi yang ada. Salah satunya adalah kewajiban stasiun TV lokal untuk melakukan penayangan konten lokal selama minimal durasi 2,5 jam dari total konten nasional. 

Yuliandi juga mengatakan bahwa selama ini aturan tersebut belum sepenuhnya dijalani oleh stasiun-stasiun TV lokal yang ada di daerah. 

“Kalaupun mereka menayangkan konten lokal tapi pada jam-jam malam yang merupakan waktu yang kurang efektif”, ujarnya. 

Saat ini KPI telah memiliki alat yang dapat memantau penyiaran konten-konten oleh kurang lebih 950 TV lokal berjaringan di Indonesia. 

“Jadi kita pantau jam dan penayangan konten-konten lokal yang dilakukan oleh stasiun TV lokal yang ada di Indonesia”, ungkapnya. 

Hadir dalam acara pelatikan tersebut, Ketua KPI Pusat Yuliandri Darwis berserta Sekretarisnya, seluruh pejabat OPD lingkup Provinsi NTB, Forkompinda Provinsi NTB dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat di NTB. Ketujuh Komisioner baru KPID NTB tersebut antara lain, Fatul Rahman, Fatul Rizal, Andayani, Arwan Syahroni, Syahdan, Yusron Saudi dan Husna Fatayati. (SV.01)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News