Breaking News

Bangun Pariwisata NTB FJP Janjikan Ini

Foto Bersama Pengurus Forum Jurnalis Pariwisata Bersama Kadis Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ketua BPPD, Ketua KONI NTB, dan Senator Kawakan NTB usai deklarasi dan pelantikan pengurus inti Selasa (11/06)

(savananews.com) Mataram – Proses panjang pembentukan wadah jurnalis peduli pariwisata akhirnya sukses digadang dengan dideklarasikannya Forum Jurnalis Pariwsata (FJP) Nusa Tenggara Barat secara resmi d di Lesehan taliwang Moerad, Pajang, Mataram Senin (11/06).

Hadir pada acara deklarasi FJP ini para stakeholder pariwisata, pelaku wisata dan juga dari unsur Pemerintah daerah. Semenatara pengokohan deklarasi disematkan oleh dewan pembina FJP NTB Sekda Provinsi NTB, Rosyiadi Sayuti yang diwakili kepala dinas pariwisata NTB, Lalu Mohamad Faozal.

Ketua FJP NTB, Suparman mengatakan FJP adalah forum gabungan seluruh insan media yang ada di NTB. Tujuannya untuk berkhidmat membangun pariwisata dan juga mempromosikan pariwisata. Dengan adanya FJP ini, diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada NTB dalam hal pembangunan, perkembangan dan promosi pariwasata.

"Kami hadir untuk berkontribusi, memberikan gagasan demi kemajuan pariwisata NTB," tegas Suparman.

Sementara itu, Kadis Pariwisata NTB, Lalu Mohamad faozal disela acara pelantikan pengurus melaporkan  beberapa perkembangan pariwisata di tahun 2018 ini. Salah satunya adalah, Sail Moyo Tambora yang mana acara tersebut merupakan salah satu kebanggaan karena berkelas internasional. 
“Ini kita sangat berbangga dengana digelaarnya acara Sail Moyo Tambora itu. Karena secara tidak langsung acara tersebut akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan pariwisata,” kata Faozal. 

Ngobrol Santai Pariwisata NTB mengisi acara 'Ngabuburit Ramadhan' Forum Jurnalis Pariwisata NTB 

Usai deklarasi, panitia FJP menggelar acara Obroan Santai (Obras) dipandu wartawan Radara Mandalika, Jhoni Sutangga  mengangkat tema ‘menuju pariwisata NTB berkelas dunia’ dengan menghadirkan ketua BPPD NTB  Fauzan Zakaria, Senator DPD RI Dapil NTB  Baiq Diah Ratu Ganefi, Ketua Koni NTB Andi Hadiyanto dan juga mantan tim 10 pengembangan destinasi, Taufan Rahmadi sebagai pembicara. 

Berbagai pandangan dan masukan seputar pariwisata disampaikan para nara sumber bahkan mereka juga menyampaikan respon positif atas kehadiran insan pers yang bertekad mengembangkan pariwisata NTB.  

Ketua BPPD NTB, TGH Fauzan Zakaria memberikan apresiasi penuh dengan terbentuknya forum jurnalis yang tujuannya fokus mempromosikan dan juga mengembangkan pariwsata di Lombok Sumbawa. 

Menurutnya, insan media atau jurnalis ini memiliki peran penting dalam memajukan pariwisata NTB. Ia  menuturkan, sebaik apapun destinasi pariwisata, atau sebagus apapun promosi yang dibuat tanpa adanya peran jurnalis, maka itu dianggap sia sia. 

“Jadi, Jurnalis itu syarat penting untuk pariwisata. Bisa saya katakan, banyak syarat untuk memajukan pariwisata. Dan jurnalis itu adalah salahs atu syarat utama, FJP kedepan harus menjadi salah satu instrumen penting kemajuan pariwisata,” kata Fauzan. 

Sementara itu Senator DPD RI Dapil NTB, Baiq Ratu Diyah Ganefi menjabarkan bahwa banyak potensi yang bisa dijual di NTB dalam pasar pariwisata yang selama ini masih belum tersentuh. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan kebersamaan semua pihak.  Diyah mencontohkan gaung KEK Mandalika sudah tersebar namun anehnya para pengunjung masih saja banyak mengeluh seperti destinasi berbayar termasuk fasilitas MCK yang belum tersebut. "Ini hal kecil tapi luput dari perhatian. Ini menjadi tugas bersama," sentil Diyah.

Sementara itu Ketu KONI NTB, Andy Hadiyanto menekankan harus ada cita cita besar. Dengan cita cita itu menjadi pondasi kuat mengembangkan pariwisata. Andi menyingung bagaimana peran sport tourisme menjadi aspek penting yang mendongkrak kemajuan pariwista semua daerah. Selama ini NTB banyak menggelar even sport yang berdampak pada pasar pariwisata. Kehadiran even olahraga di NTB telah banyak berkontribusi bagi pariwisata. "Sport tourism salah satu aspek penting dunia pariwisata," tegas Andi.

Selain diisi dengan acara deklarasi yang dirangkai dengan pelantikan pengurus FJP dan Ngobrol santai Pera Pemerhati Pariwisata NTB, acara juga dilanjutkan dengan ramah tamah buka puasa bersama antara para wartawan dengan para steakholder dan pengelola pariwisata NTB. (SV.01)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News