Hari Ini, Smpn 1 Labuapi Dinilai Tim Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional - Savana News

Breaking

31 July 2018

Hari Ini, Smpn 1 Labuapi Dinilai Tim Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional



(savananews.com) Giri Menang - Selasa 31 Juli 2018 – Pagi tadi (31/7), enam orang tim penilai pusat Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional mengunjungi SMPN 1 Labuapi, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kedatangan tim disambut langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj Khairatun,  Pimpinan OPD Lobar serta perangkat SMPN 1 Labuapi di Aula SMPN 1 Labuapi.

Lomba Sekolah Sehat sendiri diikuti oleh 25 provinsi se-Indonesia dengan total   peserta lomba sebanyak 96 peserta yang masing-masing terdiri dari 24 SD, 25 SMP, 23 SMPK dan 24 SMA.

“Adapun kriteria yang dinilai meliputi tiga aspek yakni aspek pembinaan, prilaku, dan fisik. Untuk aspek pembinaan sendiri  penjabarannya  yaitu pembinaan TPUKS provinsi, kabupaten, kecamatan dan sekolah. Untuk pengumuman pemenang lomba akan diumumkan akhir bulan agustus dengan dua kategori pemenang yaitu kategori  Kinerja Terbaik  dan Pencapaian Terbaik,” jelas Susinggih selaku  ketua tim penilai.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutan penerimaannya mengatakan, berhasilnya SMPN 1 Labuapi  mewakili Provinsi NTB di tingkat nasional diharapakan dapat menjadi motivasi untuk prestasi-prestasi lain di tempat lainnya.

“Walaupun dari segi bangunan fisik infrastrukturnya, SMPN 1 Labuapi lebih rendah dibandingkan bangunan sekolah-sekolah lain yang sudah dibangun Pemkab Lobar. Alhamdulillah berkat  perilaku siswa dan tenaga pengajar di SMPN 1 Labuapi berdampak pada perilaku lingkungan luar sekolah,” ungkapnya.

Menurut bupati, terpilihnya SMPN 1 Labuapi merupakan hasil kerjasama dari semua pihak. Baik itu jajaran sekolah yang ada di dalamnya, juga tidak lepas dari dukungan orang tua murid dan Pemda pada umumnya.

“Semoga melalui Lomba Sekolah Sehat ini SMPN 1 Labuapi nantinya menjadi contoh yang dapat memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya di provinsi NTB dan menjadi sekolah yang sehat dan peduli terhadap lingkungan dan kebersihan,” harapnya.

SMPN 1 Labuapi sendiri berdiri sejak tahun 1984. Saat ini SMPN 1 Labuapi memiliki 15 kelas dengan jumlah murid sebanyak 412 siswa dan jumlah guru serta  tenaga  kesiswaan lainnya sebanyak 56 orang.

“Untuk masalah Usaha Kesehatan Sekolah  di lingkungan sekolah kami senantiasa bekerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Labuapi,” jelas Kepala Sekolah SMPN 1 Labuapi, H. Nurdin.

Ditambahkannya, untuk wujud kegiatan sehari-hari SMPN 1 Labuapi memiliki berbagai kegiatan meliputi, pencanangan wilayah sekolah bebas asap rokok, penyisiran sampah setiap pagi harinya, pemanfaataan sampah organik dan anorganik, olahraga masal, dan aktif cuci tangan dengan sabun. SMPN 1 Labuapi juga menggandeng mitra seperti bekerjasama dengan UNICEF untuk pemberian vitamin setiap minggunya, pelatihan kader kesehatan bersama Puskesmas Labuapi, pengukuran tinggi badan anak dan lainnya. (*)

Gubernur NTB : Modal Pembangunan Bukan Melulu Soal Dana

Sumbawa - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah hingga saat ini tetap aktif menyapa masyarakat. Itu semua dilakukan dalam rangka membangun k...

Archive