Gubernur NTB Apresiasi Para Kades yang Tanggap - Savana News

Breaking

31 August 2020

Gubernur NTB Apresiasi Para Kades yang Tanggap


Mataram - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengapresiasi perjuangan para kades di NTB untuk memajukan desa-desanya. Peran kepala desa menjadi ujung tombak dalam setiap lini pembangunan, khususnya demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa. Termasuk peran kepala desa dalam membangun jaringan yang luas untuk mendapatkan dukungan yang lebih besar. Sehingga dukungan-dukungan dari semua pihak akan mempercepat semua proses pembangunan yang ada.


"Terima kasih atas kunjungan semuanya. Inilah kades-kades yang hebat yang memiliki tanggap cepat untuk membangun desa. insyaAllah dapat memberikan yang terbaik untuk desa-desanya ke depan," ungkap Gubernur Zul saat menerima kunjungan  puluhan Kepala Desa dari Kecamatan Utan dan Plampang Kabupaten Sumbawa, bertempat di pendopo Gubernur, Senin (31/08).


Dr. Zul menegaskan, pendopo dan kantor gubernur selalu terbuka bagi kades-kades yang ingin bersilaturahim. Apalagi dengan tujuan mendiskusikan kebutuhan-kebutuhan pembangunan desa. Baik dari segi pendidikan, kesehatan maupun ekonomi masyarakat desa. Terutama membangun sinergi antara desa dengan kabupaten serta sinergi dengan pemerintah provinsi.


“Mari kita sama-sama berdiskusi, satukan visi demi kemajuan daerah kita tercinta,” ungkap Dr. Zul sapaan akrab Gubernur. 


Menurut Dr. Zul, Kalau desa-desa di NTB sudah maju, pendidikannya sudah luar biasa, jalannya sudah mulus, kesehatan dan perekonomiannya sudah berjalan baik, tentu memiliki dampak yang besar bagi kemajuan dan perkembangan daerah NTB. Karena itu, pemprov NTB melalui dinas-dinas terkait selalu memberikan perhatian yang sangat besar bagi desa-desa yang memiliki mimpi besar untuk membangun desanya.


“Dalam berbagai kesempatan, kami langsung mengunjungi desa-desa di NTB. mari kita majukan daerah ini dari desa,” ajak Gubernur dihadapan puluhan kepala desa tersebut.


Dalam kunjungan itu, Dr. Zul memberikan kesempatan kepada puluhan kades untuk menyampaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh kades-kades saat ini. Dari keluhan-keluhan itu, tidak sedikit yang mengeluhkan tentang pembangunan jalan lingkungan desa yang belum ada. Kemudia masih banyaknya rumah kumuh atau rumah tidak layak huni, kelangkaan air bersih yang masih terjadi dibeberapa daerah. Begitu pun sistem sanitasi yang belum baik serta pembangunan tanggul bantaran sungai yang melewati beberapa desa sudah mulai banyak yang rusak.


Sementara itu, salah satu kepala Desa Motong Kecamatan Utan, Abdul Wahab mengatakan, perhatian pemerintah provinsi sangat dibutuhkan untuk mempercepat program-program pembangunan desa. Terutama program pembangunan yang sangat sulit dijangkau oleh APBD desa. Karena anggaran membangun desa tidak semua bersumber dari dana desa. Untuk itu, dukungan dari pemerintah kabupaten dan provinsi sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa.


"Mudah-mudahan dengan perjuangan kita ini mendapat dukungan dari gubernur sekaligus menjadi oleh-oleh bagi masyarakat desa," harapnya.


Selain itu, ia mengakui bahwa kunjungan ini merupakan aspirasi masyarakat selama ini. Dari keluhan masyarakat itu banyak yang sesalkan masalah jalan dan kesehatan. Itu semua tidak mampu dilakukan oleh desa, artinya butuh dukungan pemerintah, baik kabupaten ataupun provinsi. 


“Alhamdulillah bapak gubernur  langsung menindaklanjuti dengan dinas-dinas terkait. Terima kasih atas kesempatan gubernur menerima kami. Meski ditengah kesibukan yang luar biasa" harapnya.


Silaturahmi kades-kades tersebut, gubernur didampingi oleh kepala DPMPD DUKCAPIL, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas PU, Kadis Perdagangan dan Kepala Dinas Perkim Provinsi NTB. (*)

Gubernur NTB : Modal Pembangunan Bukan Melulu Soal Dana

Sumbawa - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah hingga saat ini tetap aktif menyapa masyarakat. Itu semua dilakukan dalam rangka membangun k...

Archive