Bupati Fauzan Ikut Membersihkan Sampah Saluran Irigasi - Savana News

Breaking

2 October 2020

Bupati Fauzan Ikut Membersihkan Sampah Saluran Irigasi


Lombok barat - Bupati Kabupaten Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid  bersama Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo, SIK, Kadis Pertanian Lobar H. Muhur Zokhri, Koramil, Camat Kuripan dan Kepala Desa Kuripan Induk  mengangkat dan membersihkan sampah yang ada di saluran irigasi jalan by pass sebelah timur Kantor Camat Kuripan.


Kegiatan ini dilaksanakan usai melaunching  kegiatan bersih-bersih saluran irigasi yang diinisiasi oleh  Para Petani dan Dinas Pertananian Lobar. Acara ini dilaunching di halaman Kantor Camat Kuripan, Jumat (2/10).


Turut hadir pula di kegiatan bersih-bersih saluran irigasi ini Inspektur Inspektorat H. Ilham Lobar, Kabag Prokopi H. Lalu Moh Hakam, Para Camat, Kepala OPD, anggota kepolisian Polres Lobar, TNI, para petani dan penyuluh tani yang ada di  Lobar.


"Hari ini kita launching kegiatan bersih-bersih Saluran Irigasi di Kecamatan Kuripan. Hal ini menandai keberlanjutan kegiatan bersih-bersih saluran yang akan dilaksanakan oleh para kelompok tani peduli saluran  didampingi oleh UPT Dinas Pertanian  di Semua kecamatan di Lobar yang akan berlangsung setiap minggunya," terang Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya.


lebih jauh ia mengutarakan rasa senang dan bangganya dengan kegiatan ini  mengingat bahwa sebelum membajak sawah para petani terlebih dahulu membersihkan sampah yang ada di saluran.


Sementara itu, Kadis Pertanian H. Muhur Zohkri usai acara mengatakan, Kelompok Tani yang ada di Lobar kurang lebih berjumlah 1.600 kelompok. Kalau ini semua bergerak melaksanakan kegiatan bersih-bersih maka jaminan kualitas air akan terjamin.


"Kegiatan  bersih-bersih saluran oleh Kelompok Tani  peduli saluran ini nantinya akan kita buatkan jadwal di setiap kecamatannya dan kita akan terus bergerak setiap minggunya," terangnya.


Lebih jauh ia menerangkan bahwa dengan adanya kegiatan ini banyak manfaat yang kita peroleh di antaranya kebersihan saluran irigasi akan terjamin, air irigasi yang akan mengairi tanaman yang ada di petakan sawah dan petakan sawah tersier akan memiliki kualitas air yang terjamin.

"Kesemuanya ini nantinya akan berdampak kepada usaha produksi kelompok tani baik untuk tanaman pangan maupun hortikultura sehingga akan terjadi peningkatan produksi," ujar Muhur. (*)

Posyandu Keluarga, Jawaban Persoalan Masyarakat Desa

Lombok Tengah - Posyandu Keluarga tak hanya melayani aspek kesehatan namun juga mampu menjadi jawaban persoalan sosial masyarakat desa. Waki...

Archive