Breaking News

Dandim 1608/ Bima : Mari Ambil Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw


Bima - Kodim 1608/Bima melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah/2020 Masehi bertempat di Masjid Al-Jihad Asrama Makodim 1608/Bima Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima, Kamis (29/10/2020).


Kegiatan yang bertema "Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama di Tengah Pademi Covid-19" tersebut diawali dengan pembacaan Kalam Illahi dilanjutkan dengan sambutan Dandim 1608/Bima serta ceramah oleh Ustad Ridwan, S.Pdi.


Pada kesempatan itu Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal mengatakan, Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, yang perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. 


"Bagi kita umat Islam, peringatan maulid merupakan suatu penghormatan terhadap kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW," terangnya.


Menurutnya, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momentun bagi umat Islam, untuk mengambil hikmah karena dengan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw telah membawa perubahan secara fundamental dalam sendi kehidupan dari jaman jahiliyah yang penuh kegelapan menjadi jaman yang terang benderang yang sampai saat ini dirasakan.


"Semoga melalui peringatan maulid  ini semakin meningkatkan Ahlakul kharimah dalam berhubungan dengan sesama manusia serta  keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, sehingga kita terhindar dari perbuatan yang dapat merugikan diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat," harapnya.


Dihadapkan dengan situasi COVID-19 saat ini Mustafa Kamal mengatakan agar umat Islam khususnya keluarga besar Kodim 1608/Bima dan masyarakat setempat selalu mengikuti protokol kesehatan menghadapi ataupun menyikapinya dengan sabar karena keadaan ini adalah ujian dari Allah SWT.


"Rasulullah SAW bersabda: Tha’un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah SWT untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka kita harus sabar menghadapi COVID-19," ujar Dandim mengutip Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Perwira, Bintara, tamtama dan PNS jajaran Kodim 1608/Bima, Ketua dan anggota Persit Kodim 1608/Bima, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Rabadompu. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News