LSI Unggulkan Sukma di Pilkada Lotim‎‎ - Savana News

Breaking

21 June 2018

LSI Unggulkan Sukma di Pilkada Lotim‎‎


(savananews.com) Lombok Timur ‎- mendekati Pilkada elektabilitas masing masing pasangan calon di Pilkada Lombok Timur mulai diuji berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei  yang mengunggulkan pasangan calon yang bermitra dengannya. Salah satunya pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur nomor urut 3 HM Sukiman Azmy - H Rumaksi  ( SUKMA ) yang diklaim akan mengungguli tiga pesaingnya  berdasarkan  hasil survei Lingkaran Survei Indonesia  ( LSI Denny JA) yang merilis hasil survey Pilkada Kabupaten Lombok Timur yang memenangkan Pasangan SUKMA disbanding pasangan calon lainnya.

Survei LSI sendiri dilakukan sejak  tanggal 5 - 11 Juni  2018 terhadap 800 responden dengan wawancara serentak di 20 Kecamatan di Lombok Timur dengan motode multistage random sampling dengan Marjin of  Error +/- 3, 5 persen. Berdasarkan survei tersebut jika dukungan pasangan calon Bupati Lombok Timur dengan posisi tanpa swing voter maka elektabilitas masing - masing calon  adalah sebagai berikut, pasangan SUKMA 43,0 persen kemudian HARUM 34,7 persen FIDDIN 18,2 persen dan Al Habib 4,1 persen.

Jika  dengan posisi dukungan tertutup maka  SUKMA memperoleh 31,2 persen disusul HARUM 25,2 persen  , FIDDIN 13,2 persen , Al Habib 3,0 persen , Tidak Tahu 27,4 persen.

Sedangkan jika dengan posisi dukungan terbuka maka pasangan SUKMA  27,2 persen, HARUM 20,2 persen, FIDDIN 11,4 persen, Al Habib 2,8 persen, lainnya, 0,5 persen, rahasia 9,3 persen, belum memutuskan 16,7 persen, tidak tahu/ tidak menjawab 11,9 persen.

Terkait popularitas calon, survei menemukan bahwa calon bupati yang paling dikenal masyarakat Lombok Timur  adalah HM Sukiman Azmy 82,0 persen, kemudian HM Syamsul Luthfi 67,6 persen, H Hairul Warisin 66,4 persen dan Ali Masadi 47,2 persen,  Sementara itu, calon wakil bupati yang paling dikenal masyarakat adalah H Rumaksi 43,9 persen, kemudian Machsun Ridwainy 42,8 persen, H Najamuddin Moestafa  40,4 persen, dan Putrawan Habibi 35,7 persen.

Menurut peneliti senior Lingkaran Survei  Indonesia ( LSI Denny JA ) Aji Al Farabi menjelaskan bahwa keunggulan dari pasangan SUKMA mempunyai pemilih militan ( strong supporter ) yang cukup tinggi 22,2 persen, dibandingkan dengan HARUM 15,3 persen, FIDDIN 7,3 persen,  Al Habib 1,7 persen dan swing voter 53,2 persen.

“ Dalam survei ini pasangan SUKMA paling potensial untuk menang karna survei yang dilakukan pada bulan pemungutan suara maka hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan hasil penghitungan akhir” terangnya saat merilis hasil survei LSI untuk kabupaten Lombok Timur Rabu (20/6) kemarin. (*)‎

KSPN NTB Gelar Deklarasi NTB Aman

 MATARAM - Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Nusa Tenggara Barat (KSPN NTB) menggelar diskusi publik bertema mengkritisi UU Omnibuslaw Ci...

Archive