Baiq Diyah Sesalkan Fashion Show Sail Moyo Tak Perhatikan Budaya Lokal - Savana News

Breaking

16 September 2018

Baiq Diyah Sesalkan Fashion Show Sail Moyo Tak Perhatikan Budaya Lokal



(savananews) Mataram – Acara Fashion show memeriahkan rangkaian acara Sail Moyo yang di gelar di jembatan Samota Sumbawa beberapa waktu lalu menuai komentar berbagai kalangan. Koreksi atas konter berbau vulgar itu juga menyita perhatian DPD RI sekaligus Ketua DPD Iwapi NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi. 


Menurut Senator asal NTB tersebut penyelenggara Fashion show yang di gelar di jembatan Samota tersebut minim pengetahuan tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat NTB khususnya Sumbawa. 

Pagelaran seni berbalut pakaian seksi menurut Baiq Diyah bertolak belakang dengan adat dan budaya di Sumbawa sangat menjunjung tinggi kesopanan terlebih dalam berpakaian. 

"Sangat saya sesalkan mestinya panitia harus melakukan riset sebelum menggelar acara, panitia harus paham kondisi masyarakat NTB khususnya tata cara berpakaian itu sangat di junjung tinggi dalam norma di Tanah Samawa," ujarnya. 

Baiq Diyahpun mengingatkan kedepannya baik pemerintah daerah ataupun  pemerintah provinsi yang menjadi penyelenggara even berstandar internasional untuk tidak melupakan kearifan lokal budaya setempat. 

Peragaan fashion show dalam rangka memeriahkan Sail Moyo Tambora di Sumbawa sontak mengundang kontroversi karena dinilai tidak etis dan tidak mencerminkan budaya Sumbawa dan NTB umumnya yang menghormati adat kesopanan dalam berpakaian. (*)

KSPN NTB Gelar Deklarasi NTB Aman

 MATARAM - Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Nusa Tenggara Barat (KSPN NTB) menggelar diskusi publik bertema mengkritisi UU Omnibuslaw Ci...

Archive