Breaking News

Gubernur NTB Minta Fasilitator Bergerak Cepat dalam Rekonstruksi Pasca Gempa



(savananews.com) Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc, meminta kepada para fasilitator terpadu agar bergerak lebih cepat dan menyederhanakan berbagai  proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa, khusunya dalam mewujudkan hunian bagi masyarakat korban gempa, usai melaksanakan Upacara Pembukaan Operasi Teritorial TNI dan Pemberangkatan Fasilitator Terpadu di Wilayah NTB, di Lapangan Gunung Sari Selasa (15/1/19).

"Melalui Operasi Teritorial Kita Tingkatkan Proses Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, tolong  jangan bikin ribet, tapi tidak melanggar aturan, kalo ada kekurangan nanti kita perbaiki bersama, " tegas Gubernur mengawali komentarnya.

Gubernur menambahkan dengan meningkatnya jumlah fasilitator penanganan korban gempa ini, akan lebih mempermudah masyarakat memiliki hunian yang layak sehingga tidak lagi terkendala pencairan dana, bentuk rumah dan proses administrasi lainnya.

"Kita sudah meminta kepada pemerintah pusat untuk menyediakan lebih banyak alternatif, mudah-mudahan dengan banyak pilihan dan fasilitator, akan lebih mudah terlaksananya berbagai program rehab rekon, "tutup Gubernur.

Sementara itu, Komandan Korem162/WB Kolonel C.Z.I. Ahmad Rizal Ramdani menjelaskan, para fasilisator  terdiri dari TNI, POLRI dan masyarakat, dengan total 1700 orang se - NTB, yang akan membantu pemerintah untuk mempercepat proses rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana.

“Fasilitator yang dibentuk ini terdiri dari Babinsa dan Babinkamtibmas, yang ditambahkan dengan masyarakat sipil yang telah ditunjuk untuk bertugas di masing-masing desa. Diharapkan dengan adanya fasilitator ini, Insya Allah pencairan bisa lebih cepat sehingga target 1000 rumah dalam bulan ini bisa terlaksana, ” jelasnya.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula alat kerja pertukangan secara simbolis oleh Gubernur kepada peserta fasilisator terpadu. (*)
© Copyright 2022 - Savana News