Antisipasi Ancaman Global, Polda NTB Ajak Masyarakat Tanam Ribuan Pohon Di Lombok barat - Savana News

Breaking

10 January 2020

Antisipasi Ancaman Global, Polda NTB Ajak Masyarakat Tanam Ribuan Pohon Di Lombok barat


Lombok Barat - Guna mengantisipasi ancaman global yang setiap saat kemungkinan bisa saja terjadi, akibat dari kondisi cuaca yang tak menentu Seperti Ancaman global berupa banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, hingga kebakaran lahan dan hutan.

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB),  sekitar pukul 07.00 pagi menggelar aksi peduli lingkungan dengan menanam Lima Ribu bibit pohon di Dusun Lilin Desa Giri Tembesi Kecamatan Gerung Lombok Barat, pada Juma'at 10/1/2020.

Kegiatan yang dilakukan bertepatan pada hari gerakan satu juta pohon ini bertajuk “Selamatkan bumi dengan melakukan penanam pohon untuk generasi masa depan bangsa,” dan dihelat dengan melibatkan anggota TNI dan warga masyarakat sekitar serta jajaran pemerintah Lombok barat dan juga dewan perwakilan rakyat (DPRD) Lombok barat.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir Msi disela melaksanakan aksi penghijauan menyampaikan komitmen Polri (Polda NTB) dalam menjaga kelestarian lingkungan, dirinya menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil menanam 5 ribu pohon lebih di sejumlah daerah dengan dibantu oleh TNI dan masyarakat sekitar.

"Kita sudah berhasil menanam 5 ribu lebih bibit pohon dengan dibantu oleh anggota TNI dan masyarakat setempat." Ujarnya
Lebih lanjut Kapolda menyampaikan, dengan menanam pohon satu pohon saja, kita telah mempunyai andil dalam memelihara kehidupan, Seperti menyerap emisi karbon, produksi oksigen, mencegah pemanasan global serta menyimpan air hujan dan mencegah terjadinya erosi tanah.

" Ya kegiatan ini kita lakukan kurang lebih seluas 27,6 Ha kurang lebih sekitar 5.830 biji," ucapnya.

Kapolda NTB berharap kegiatan menanam pohon yang digalakkan saat itu bisa terus berlanjut untuk diterapkan oleh semua pihak.

"Kita berharap antisipasi dari masyarakat agar kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut kedepannya." Lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Lombok barat AKBP. Bagus Satriyo Wibowo, S.I.K usai melaksanakan penanaman bibit pohon mengatakan akan bersinergi dengan para stakeholder terkait dan masyarakat setempat untuk terus menjaga serta melestarikan lingkungan.

" Kami akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan para stakholder terkait dan juga masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan" ungkapnya.

Saat ditanya soal komitment aparat kepolisian dalam menjaga kemanan ekosistem alam di Lombok barat, dirinya menegaskan akan menindak tegas siapapun yang merusak atau melakukan pembalakan liar di wilayahnya.

"Kita tetap memiliki komitmen untuk melakukan penindakan terhadap pelaku pembalakan liar." Pungkasnya. (Ynk)

KSPN NTB Gelar Deklarasi NTB Aman

 MATARAM - Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Nusa Tenggara Barat (KSPN NTB) menggelar diskusi publik bertema mengkritisi UU Omnibuslaw Ci...

Archive