Nenek Kalsum Dapat Bantuan Progres LU Dari Kemensos RI - Savana News

Breaking

21 May 2020

Nenek Kalsum Dapat Bantuan Progres LU Dari Kemensos RI


Lombok barat - Kehidupan seorang nenek di Dusun Karang Bedil Desa Kediri Induk Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, yang sempat viral di media sosial khususnya di Pulau Lombok beberapa beberapa waktu lalu mendapat perhatian dari sejumlah pihak, tak terkecuali dari Kementrian Sosial (Kemensos RI).

Melalui program Progres-LU Untuk masyarakat yang lanjut usia (lansia) dimasa pandemi Covid-19, Kemensos RI memberikan bantuan uang tunai sebesar 2.700.000 Rupiah kepada nenek Kalsum, yang diberitakan mengalami kondisi memprihatinkan lantaran jarang tersentuh bantuan.

Pada Hari ini, Rabu (20/05) didampingi pendamping sosial lanjut usia Kemensos RI, Sekda Lombok barat, Kepala dinas sosial Lobar, Camat Kediri, Kepala desa Kediri dan beberapa kepala OPD Lombok barat menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai dari Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES-LU) bagi lanjut usia di 10 Wilayah Jangkauan Kerja Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Provinsi NTB.

Penyaluran Bansos PROGRES-LU ini di salurkan melalui LKSLU Lukman-alhakim dengan diberikan lansung oleh pemerintah Daerah dan pemerintah Desa setempat. Dalam pemberian bantuan ini dipatok agar seluruh bantuan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

" Bantuan sebesar RP. 2.700.000  pemanfaatannya antara lain Rp. 500.000 untuk dukungan keluarga dan Rp. 700.000 untuk terapi dan perawatan sosial," ucap Diana, salah satu pendamping sosial lanjut usia Kemensos RI.

Untuk diketahui nenek kalsum belum tersentuh oleh bantuan pemerintah pusat seperti PKH dan BPNT karena tidak masuk dalam basis data terpadu (BDT). Meski begitu bantuan ini bisa diterima nenek kalsum Karena Progres LU untuk tahun ini tidak mensyaratkan IDBT, syarat utama hanya memiliki NIK. Sementara nenek kalsum diusulkan oleh pendamping sosial lanjut usia dan dinas sosial kabupaten lombok barat sebagai penerima Progres LU melalui LKSLU LUKMAN AL-HAKIM.

"Meski tidak masuk data BDT, Nenek Kalsum tetap berhak dapat bantuan karena telah diusulkan oleh PSLU dan dinas sosial kabupaten Lombok barat." Pungkasnya.
Sementara itu kepala desa Kediri Fadholi Ibrahim mengucapkan rasa terimakasih kepada segenap instansi pemerintahan yang telah terlibat membantu warganya yang terdampak.

"Saya sangat apresiasi kepada kementrian sosial, pemerintah Lombok barat yang telah banyak membantu meringankan beban warga kami yg sangat membutuhkan, terlebih di saat covid 19, trimakasi juga kepada pak sekda lobar dan jajaran beserta camat kediri semoga perjuangan kita semua mendapat rido dan barakoh dibulan Ramadhan ini." Tambahnya.

Kedepan nenek Kalsum akan diupayakan oleh pendamping lansia dan pemerintah daerah setempat, untuk masuk dalam data penerima manfaat program bantuan sosial, sebagai Salah satu upaya pemerintah dalam memberikan layanan terbaik kepada lanjut usia, terutama kepada nenek Kalsum dimasa pandemi Covid-19 ini, dengan menjaga mereka tetap terjamin kehidupannya. (Yki)

KSPN NTB Gelar Deklarasi NTB Aman

 MATARAM - Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Nusa Tenggara Barat (KSPN NTB) menggelar diskusi publik bertema mengkritisi UU Omnibuslaw Ci...

Archive