Satgas Covid-19 Kecamatan Kediri Gelar Patroli Pembatasan Kerumunan di Malam Takbiran - Savana News

Breaking

24 May 2020

Satgas Covid-19 Kecamatan Kediri Gelar Patroli Pembatasan Kerumunan di Malam Takbiran


Lombok barat - Ditengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kegembiraan umat Islam di Nusa tenggara barat (NTB) khususnya Kabupaten Lombok Barat dalam menyambut datangnya 1 Syawal 1441 Hijriah. Dimana malam kedatangan 1 Syawal ini, diprediksi rentan akan adanya resiko kerumunan massa disejumlah titik keramaian.

Melihat kondisi tersebut, Satuan tugas gugus penanganan covid-19 kecamatan Kediri bersama TNI Polri menggelar patroli dengan memantau dan melakukan penjagaan dibeberapa titik lokasi keramaian, yang dipimpin langsung oleh camat Kediri Hermansyah S.Pd minggu malam (24/5).

Menurut camat Kediri Hermansyah saat ditemui media ini di posko pemantauan covid-19 kecamatan Kediri menjelaskan, patroli Bersama tersebut dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona dan memaksimalkan peran satgas untuk mengedukasi serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama pelaksanaan hari lebaran.

“intinya apa yang kita lakukan malam ini dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19, dengan cara menghindari kerumunan serta memaksimalkan peran serta satgas covid-19 untuk mengedukasi masyarakat," jelasnya.

Namun demikian, lanjut herman sapaan akrabnya, Untuk memastikan keamanan masyarakat, pihaknya bersama TNI dan aparat kepolisian melakukan pembatasan akses masuk masyarakat yang tidak berkepentingan sebagai upaya menghindari kerumunan.

"Salah satu yang kita lakukan adalah membatasi akses masuk masyarakat yang tidak berkepentingan, untuk masuk di wilayah kecamatan Kediri,"ujarnya.

Ditanyakan soal peran dan fungsi posko pemantauan pencegahan covid-19 wilayah Kediri, Hermansyah menyebut bahwa pihaknya telah menyediakan dua posko pemantauan, pertama di kantor camat Kediri dan kedua di perempatan desa Kediri. Adapun fungsinya untuk meminimalisir kerumunan dan mencegah penyebaran virus Corona.

"Khusus untuk posko satgas covid-19 ini sipatnya mobile tergantung situasi dan kondisi, fungsinya untuk meminimalisir kerumunan dan potensi yang bisa menyebabkan penyebaran virus," tegas Hermansyah
Untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus covid-19, dirinya tetap mengimbau dan berharap agar masyarakat tetap mematuhi kebijakan maupun prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, seperti mengurangi aktifitas diluar rumah, selalu menggunakan alat pelindung diri dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

"Kita berharap agar masyarakat perlu membatasi kegiatan diluar, agar penyebaran virus ini cepat kita atasi sehingga kita bisa melakukan kegiatan seperti sedia kala." Ajaknya.

Dijelaskannya, Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 wilayah Kecamatan Kediri sudah berusaha semaksimal mungkin berjuang bersama untuk menekan pencegahan virus Covid-19. Namun itu semua, sambungnya, tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dari seluruh komponen masyarakat.

Sementara itu kepala kepolisian sektor Kediri Kapolsek Kediri Iptu Donny Wira Setiawan SIK menerangkan pihaknya telah menyiapkan 50 personil kepolisian bersinergi dengan anggota TNI dan pemerintah setempat untuk melaksanakan giat patroli disejumlah titik keramaian selama perayaan lebaran berlansung.

"Kita melakukan pemantauan wilayah khususnya di kecamatan Kediri dengan memperhatikan kegiatan masyarakat terutama di titik-titik keramaian seperti pasar, pertokoan maupun perbelanjaan,, terutama pada malam perayaan idul fitri" imbuhnya.

Ditambahkan oleh Donny untuk jalur keramaian terutama dijalan raya desa Kediri, Desa Rumak, underpast banyumulek, serta di desa Beleke pihaknya akan melakukan pembatasan ruang gerak masyarakat terutama pada saat perayaan lebaran usai. (Yki)


Posyandu Keluarga, Jawaban Persoalan Masyarakat Desa

Lombok Tengah - Posyandu Keluarga tak hanya melayani aspek kesehatan namun juga mampu menjadi jawaban persoalan sosial masyarakat desa. Waki...

Archive