Breaking News

Waspada Cuaca Buruk, Sat Polairud Polres Lobar Siagakan Personel Dan Perlengkapan SAR

Lombok barat - Cuaca buruk seperti hujan deras dan angin kencang mulai dirasakan sejak beberapa hari terakhir disejumlah wilayah di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya Kabupaten Lombok barat. Tingginya intensitas curah hujan disertai angin kencang yang terjadi bahkan mengakibatkan gelombang pasang air laut di pesisir pantai mencapai pemukiman warga.

Melihat kondisi tersebut, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., melalui Kasat Polairud Polres Lobar Ipda I Gusti Made Suarjaya menyiapkan peralatan dan menyiagakan personil pada beberapa titik dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya Laka Laut, sekaligus mewaspadai Cuaca buruk selama satu pekan kedepan. Jum’at (29/05).

Mengantisipasi perubahan yang terjadi, Kasat Polairud mengungkapkan akan meningkatkan patroli dan memberikan himbauan dalam mengantisipasi hal terburuk khususnya meminimalisir Kecelakaan di Laut. Menurutnya, Satpolirud juga mempunyai fungsi SAR, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait Laka laut.

"Kami telah mensiagakan personel di beberapa titik lokasi rawan laka laut dan meningkatkan himbauan kamtibmas terkait kondisi gelombang tinggi pada perairan wilayah hukum Polres Lombok Barat," terang kasad Polairud polres Lobar.

Menyikapi ini, Satpolairud juga berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan cuaca, untuk memaksimalkan langkah-langkah yang akan diambil. Sedangkan Khusus untuk keselamatan dalam penyeberangan Lembar-Padangbai, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pihak Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar.

"Wilayah yang menjadi prioritas patroli direncanakan pada wilayah Pantai Sekotong, Gili Nanggu, Gili Gde dan alur-alur pelayaran kapal fery dengan menempatkan beberapa Kapal Patroli Polairud guna mendukung efektifitas patroli," jelasnya.

Ia mengatakan untuk menjangkau perairan yang luas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, soliditas dengan Basarnas NTB tetap terjalin, bentuknya yaitu saling berkoordinasi untuk saling menutup celah lokasi yang dianggap rawan kecelakaan laut, sehingga dapat menjangkau seluruh perairan di Lombok Barat.

"Adapun kesiapan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan operasinal Satpolairud Polres lobar, disiagakan 2 unit Kapal Patroli type C2, C3 dan 1 unir Raber Boat guna menyisir perairan tersebut" Paparnya.

Sementara cuaca buruk berlansung, warga pesisir pantai khususnya para nelayan yang akan berlayar, dihimbau agar menunda kegiatan melaut untuk sementara waktu sembari menunggu cuaca membaik, namun apabila memang itu harus dilakukan agar tetap memperhatikan keselamatan diri dengan melengkapi diri dengan alat-alat keselamatan. (*)
© Copyright 2022 - Savana News