Breaking News

Bangun Kepedulian, TNI Polri Lombok Barat Bedah Rumah Reot Milik Nenek Sihin


Lombok barat - Prihatin terhadap kondisi warga pinggiran yang memiliki rumah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, Sejumlah anggota TNI dan polri membongkar rumah milik seorang nenek bernama Inaq Sihin yang berumur sekitar 75 tahun, Kamis (11/6).

Saat dikonfirmasi, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., membenarkan pembongkaran yang dilakukan oleh jajaran Polres Lombok Barat bersama jajaran Kodim 1606 WB ini.
"Pembongkaran ini merupakan bagian dari proses program Bedah Rumah yang tidak layak huni Dusun Batu Samban Desa lembar Selatan Kecamatan Lembar Kab. Lobar yang ditempati oleh Inaq Sihin tersebut," ungkapnya.

Kapolres menuturkan, program bedah rumah ini merupakan kepedulian Polri dalam menyambut
Hari Bhayangkara ke-74 yang bertemakan Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif.
"Sehingga Polres Lombok Barat mewujudkankan melalui kegiatan Bedah Rumah ini." Tuturnya

Inak Sihin mendapat bantuan Bedah rumah, berawal dari kegiatan sosial dalam penyaluran bantuan beras Polri peduli Covid 19 di Lembar oleh Babinkamtibmas Desa Lembar Selatan, Minggu (7/6).

Dalam kegiatan penyaluran tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Lembar Selatan menemukan fakta mengejutkan di Lapangan. Dimana, masih ada warga masyarakat yang menempati rumah dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan tidak layak huni.

"Dalam keadaan jompo, dan kesulitan ekonomi, Inak Sihin menempati rumahnya dalam kesendiriannya. Atas informasi tersebut, kamo mengecek langsung ke lokasi untuk memastikan laporan dari personil." Imbuhnya

Setelah secara langsung melihat kondisi rumah Inaq Sihin, Kapolres langsung menindaklanjutinya untuk segera membantu Inaq Sihin dengan melakukan program bedah rumah. Menyusul Rencana Kapolres Lombok Barat ini juga disambut baik oleh jajaran Kodim 1606 WB, yang turut serta mengerahkan personilnya untuk segera menindalanjuti rencana ini.

walaupun sudah mendapat persetujuan dari Inak Sihin, Kapolres tetap turun berkomunikasi langsung, agar pelaksanaan Bedah Rumah ini berlasung lancar sesuai dengan yang direncanakan, terlebih dahulu dilakukan komunikasi langsung terhadap yang bersangkutan.

"Ini dimaksudkan untuk meyakinkan kembali kepada yang bersangkutan, bahwa pengerjaan bedah rumah ini hanya dilakukan oleh TNI Polri," Jelasnya

Menyanggupi keinginan Inak Sihin, sehingga dari perencanaan, Pembongkaran, hingga pembangunan dilakukan secara gotong royong oleh personel Gabungan TNI-Polri. Setelahnya Kapolres Lombok Barat langsung memimpin kegiatan pembongkaran bersama jajarannya dan personil TNI.
Alhasil, selama Proses pembongkaran Inaq Sihin benar-benar tidak mau beranjak dari lokasi rumahnya, untuk memastikan pembongkaran tersebut hanya dikerjakan oleh personel TNI-Polri.

Kapolres menjelaskan, rumah yang akan dibangun setara dengan Type 21, dilengkapi dengan kamar tamu, kamar tidur dan kamar mandi.

"Saat ini progress pembangunan telah sampai kepada tahap pembuatan fondasi yang semuanya dikerjakan oleh gabungan personil jajaran Polres Lombok Barat dan personil Kodim 1606 WB." Jelas Kapolres

Diharapkan, proses bedah rumah ini rampung dikerjakan kurang lebih selama 2 minggu kedepan.
Kapolres menegaskan program bedah rumah ini juga sebagi bentuk sinergitas TNI Polri yang solid, dalam membantu masyarakat yang membutuhkan terutama selama masa Pandemi Covid 19. (*)

© Copyright 2022 - Savana News