Dibantu Pihak Desa dan Pemda, Inaq Purni Akhirnya Masuk Penerima Bantuan RTG - Savana News

Breaking

9 October 2020

Dibantu Pihak Desa dan Pemda, Inaq Purni Akhirnya Masuk Penerima Bantuan RTG


Lombok barat - Inaq Purni (30) korban gempa 2018 asal Dusun Kebon Kongok Desa Suka Makmur kecamatan Gerung akhirnya masuk menjadi penerima Bantuan rumah tahan gempa (RTG), setelah persoalan Administrasi kependudukannya (Adminduk) bisa diselesaikan. Adminduk (KTP dan KK) janda dua anak ini bisa tuntas dalam waktu kurang sehari, dibantu oleh pihak dusun, desa, kecamatan hingga OPD terkait lainnya.


Camat Gerung H Mulyadi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dusun, Desa dan Dukcapil untuk menyelesaikan persoalan Adminduk dari Purni. "Alhamdulillah KTP dan KK dari ibu Purni sudah bisa diselesaikan (diterbitkan) oleh dukcapil. Begitu KTP dan KK nya selesaikan langsung diiusulkan ke Disperkim untuk memperoleh bantuan dana Gempa (RTG red),"terang dia, Jumat (9/10) kemarin saat mendampingi Inaq Purni mengurus Adminduk di kantor Dukcapil bersama Kadus Kebon Kongok. Ia berharap agar Ibu Purni bisa mendapatkan bantuan. 


Menurut dia, persoalan Adminduk menjadi kendala kenapa inaq Purni belum masuk bantuan RTG. Karena itu ia pun mengingatkan agar semua warga mengurus Adminduk karena menyangkut semua program bantuan. Kabid Dafduk pada Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Dukcapil) Lobar Hamdi mengatakan masalah Adminduk ibu Purni bisa diselesaikan. "Sudah diselesaikan masalah Adminduk ibu Purni, Alhamdulillah bisa terbit,"jelas dia. Kasus ini Purni ini masuk dalam penduduk rentan. Karena disebabkan bencana alam, bencana sosial dan warga Tinggal di Daerah terpencil. Akan tetapi yang menjadi Masalah, terkadang warga tidak mengurus dari awal namun saat butuh. "Ini budaya yang kami sayangkan. Seharusnya diurus sebelum dibutuhkan, karena itu akses pertama yang wajib diurus adalah Adminduk, Karena urusan program apapun itu harus ada Adminduk,"tukas dia. 


Kadus Kebon Kongok, Sariman mengatakan pihaknya berterimakasih atas bantuan semua Pihak dalam penyelesaian Adminduk warganya atas nama Ibu Purni sehingga bisa diusulkan masuk penerima RTG. Diakui, masalah Adminduk ibu Purni merupakan satu-satunya yang mentok. Sehingga pihaknya berupaya berkoordinasi dengan semua pihak, Adminduk bisa selesai. "Alhamdulillah bisa selesai Adminduk warga kami, terimakasih kepada semua pihak,"ujarnya. 

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lobar HL Winengan mengatakan, pihaknya sudah menginput (memasukkan) data inaq Purni untuk Diusulkan sebagai penerima bantuan RTG. Z"masuk langsung sebagai penerima RTG, tinggal dibangun bulan depan. Kalau mau kita bangunkan duluan, nanti kita bangunan,"jelas dia. 


Menurutnya inaq Purni akan masuk dalam daftar data 2.422 orang yang diusulkan tahap II ke BNPB. Menurut dia, bantuan tambahan RTG ini menjadi sebuah Bonus bagi Pemda Lobar. Ia menambahkan, Kenapa selama ini ibu Purni tak masuk penerima Bantuan RTG? Karena kata dia akibat terkendala administrasi kependudukan (Adminduk). Setelah ditelusuri, janda muda ini belum memiliki KTP dan KK. Kata dia, kalau tidak punya KTP dan KK maka ditolak oleh BNPB. Jangankan tidak punya KTP dan KK, orang yang tak punya nomor KK dan kekeliruan NIK saja dikembalikan oleh BNPB. Untuk inaq Purni jelas dia, kalau ada KTP dan KK besok pagi maka langsung di-input dalam data pengusikan tahap II. 

"Tapi Alhamdulillah Adminduk bisa selesai, dan kami Sudah masukkan dalam usulan penerima RTG ke BNPB,"tukas dia. (*)

Gubernur NTB : Modal Pembangunan Bukan Melulu Soal Dana

Sumbawa - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah hingga saat ini tetap aktif menyapa masyarakat. Itu semua dilakukan dalam rangka membangun k...

Archive