Breaking News

Tekan Penyebaran Covid-19, Jurnalis dan Warga Dukung Gerakan Satu Warga Satu Masker di Desa Sekotong Tengah


Lombok barat - Bermacam upaya dan kegiatan terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Lombok Barat untuk mencegah penyebaran virus covid-19.  Dimana sampai saat ini wilayah Sekotong masih Kategori kuning kasus covid-19. Salah satu gerakan yang dilakukan desa setempat adalah satu warga satu masker. Gerakan ini digagas pihak Desa bersama masyarakat setempat ini menggandeng semua pihak ikut terlibat.


Dengan jumlah KK sebanyak 2.634 di Desa itu, membutuhkan sekitar 10 ribu masker demi terwujudnya 1 warga 1 masker. "Pemdes juga sudah membagikan 1000 masker kepada warga melalui dana desa,"terang Lalu Sarappudin,Kades Sekotong Tengah. Dijelaskan, upaya pihak Desa dalam mencegah penularan Covid-19 dengan mewujudkan Kampung Sehat dan tangguh terhadap pandemi covid 19. Apalagi kata ketua forum kades kecamatan Sekotong ini, desa tertua di Kecamatan Sekotong tersebut merupakan salah satu peserta pada lomba kampung sehat tingkat Provinsi NTB, bersama 3 desa lainnya di Kabupaten Lombok Barat. 


Keberhasilan meraih 3 besar pada Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten Lombok Barat,semakin memacu semangat warga Desa Sekotong Tengah,untuk berinovasi melalui beragam program kegiatan. "Baru baru ini, Pemerintah Desa Sekotong Tengah melaunching program 1 warga 1 masker,dengan menggandeng berbagai pihak,"jelas dia. Partispasi dan Dukungan pun muncul dari berbagai pihak. Mulai dari kalangan anak-anak pramuka SMA Sekotong membagikan 150 masker di Dusun Lendang Bontong, Mulejati dan Long-longan pada tanggal 25 September lalu.


Hari berikutnya, BPD membagikan 150 masker di Dusun Loang Batu dan Dusun Lebah Suren. Tak mau ketinggalan,LPM Desa Sekotong Tengah mendistribusikan 100 masker di Dusun Aik Tangi pada tanggal 27 September. Di tempat lainnya, Karang Taruna dan Forum Anak Desa juga membagikan 150 masker di Dusun Suredadi,mekarsari dan Dusun Sekotong 2 pada tanggal 29 September."Dari Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) masih menunggu tambahan masker dari PMI sekitar 100 masker,"kata Lalu Budiadi, Ketua Sibat. Dukungan juga datang dari PKK desa setempat. "Insya allah PKK juga akan ikut berpartisipasi,"ujar Ketua PKK, Baiq Sumiati. 


Gerakan 1 Warga 1 Masker tersebut, juga mendapat apresiasi dari Forum Wartawan (Forta) Lombok Barat dengan memberikan ratusan masker. "Alhamdulillah, kami bisa ikut berpartisipasi, walau tidak seberapa, tapi wujud partispasi kita bersama dalam mensukseskan lomba kampung sehat,"ujar Ketua Forta Lobar, M.Haeruzzubaidi. 


Disamping itu kata wartawan koran harian lokal di NTB ini, hal ini juga bentuk dukungan wartawan terhadap pemerintah dalam mencegah penularan covid-19 yang saat ini mengalami penurunan di Lobar.  Sejak awal Pandemi lanjut pria asal Sekotong ini, wartawan Lobar yang tergabung dalam forum wartawan (Forta) melakukan gerakan pembagian Masker gratis menggandeng para pihak, seperti BUMN dan pihak terkait lainnya. Ditambah lagi, para pewarta juga membagikan sembako kepada warga Terdampak covid-19. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News