Breaking News

UIN Mataram Harus Banyak Lahirkan Guru Besar


Savananews.com | Mataram - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph.D. mendorong jajaran Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram untuk terus berupaya melahirkan banyak guru besar di dunia akademik. Hal ini untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan, tidak hanya di kampus namun juga untuk peningkatan pendidikan di daerah bahkan bangsa Indonesia. \

Sekda yang akrab disapa Pak Ros tersebut menegaskan hal itu saat Sidang Senat Terbuka UIN Mataram dalam rangka Pengukuhan Prof. Dr. H. Masnun, M. Ag., sebagai guru besar dalam Ilmu Hukum Perdata Islam pada Fakultas Syari’ah, di Auditorium UIN, Kamis (29/03/2018). 

Di hadapan rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawalli dan sejumlah guru besar dan dosen, Sekda merasa optimis bahwa UIN akan mampu melahirkan banyak guru besar. Apalagi katanya, dosen-dosen di kampus tersebut masih muda. “Guru besar itu, adalah cita-cita semua dosen,” ungkap Sekda. 

Kalau di NTB ini banyak guru besar lanjutnya, apalagi di bidang Hukum Perdata Syari’ah, maka program pembangunan daerah akan berjalan dengan baik dan sukses. Salah satu contohnya adalah pembentukan Bank NTB menjadi Bank Syariah, yang membutuhkan masukan serta gagasan dari para pakar ilmu syari’ah. 

“Sumbangsih guru besar di bidang syari’ah masih sangat dibutuhkan. Apa pendapat, apa kajian yang bisa dikotribusikan terhadap perkembangan perekonomian Islam,” Ungkap Sekda sembari menyampaikan selamat atas pengukuhan Prof. Dr. H. Masnun, M. Ag sebagai guru besar. 

Saat yang sama, Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawalli menyampaikan harapannya kepada para guru besar, khususnya Prof. Dr. H. Masnun, M. Ag agar ilmu yang dimiliki dapat memberikan kontribusi bagi dunia akademik dan daerah. “Meskipun kita punya pandangan yang berbeda dari segi keilmuan. Namun kita perlu mencari titik temu terhadap ilmu itu,” Ungkapnya. 

Selain itu, Mutawalli juga manaruh rasa optimis, bahwa UIN akan mampu melahirkan banyak guru besar. Khusus tahun 2018, Ia yakin akan ada tiga guru besar yang akan dikukuhkan. 

Karena itu, Mutawalli mengajak seluruh jajaran UIN Mataram untuk bekerja keras serta merasa optimis menuju UIN Mataram yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia. 

“Menyamakan visi, mengaktualisasikan misi adalah cara kita yang membuat lembaga ini bisa lebih baik,” tegasnya. [W/007]

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News