Breaking News

FJP Terbentuk Siap Berkontribusi Maksimal Untuk NTB



(Savananews.com) Mataram – Sebagai langkah mendukung pengembangan pariwisata daerah sebagai prioritas pembangunan, Puluhan pewarta yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, mulai televisi, cetak dan online baik lokal ataupun nasional yang  bertugas di Lombok Nusa Tenggara Barat sukses membentuk komunitas  bernama “Forum Jurnalis Pariwisata”  atau yang disingkat FJP, Rabu (30/5).

Forum ini terbentuk sebagai wujud kepedulian para pewarta pada dunia pariwisata NTB hari ini, dan bertujuan mendukung serta memberikan ide-ide segar kepada Lembaga dan Instansi Pemerintahan Daerah NTB kedepannya. Meski demikian peran FJP nantinya diharapkan menjadi wahana organisasi independen yang tetap idealis sebagai kontrol sosial menyampaikan informasi positif bagi public khusus di dunia pariwisata.

Langkah serius mulai dibangun dengan dibentuknya pengurus inti pada Rabu  malam di Cafe Mogen Gomong Mataram. Forum Jurnalis Pariwisata NTB dinahkodai oleh Suparman (Kicknews) didamingi oleh Kusnandar (Antara TV) sebagai Sekretaris dan Hans Bahanan (Liputan6.com) sebagai Bendahara. Nantinya pengurus inti ini akan disematkan dalam deklarasi yang akan dirangkai dengan pembentukan divisi-divisi  untuk pengemembidangi program  organisasi forum ke depan.

Ketua FJP Suparman, mengingatkan  terbentuknya forum benar benar berasumsi positif, dan mampu bermitra dengan baik bersama membangun pariwisata ke depan. Soliditas forum menurutnya sangat penting, agar pemangku kebijakan pariwisata dapat menyadari keberadaan forum sebagai media pendamping yang konstruktif.

“Jangan sampai terbentuknya forum ini menjadi masalah bagi forum lain. Kita akan kemas forum ini menjadi forum yang solid, dan supaya diakui harus memiliki legal formal. Legalitasnya segera kita urus,” tuturnya.

Parman berharap agar forum dapat bergerak dengan kebersamaan, dimana setiap anggota membuat pola kedekatan dengan para pemangku kebijakan termasuk kelompok sadar wisata untuk memberikan konsep untuk lebih menggaungkan pariwisata daerah. 

“Keberadaan forum ini perlu kita komunikasikan jangan sampai keberadaan kita ini dianggap menjadi forum tandingan bagi forum yang lain. Insha allah saya akan menyampaikan keberadaan forum kita ini kepada dinas ataupun steakholder terkait,” tandasnya.

Ragam masukanpun disampaikan dari para anggota. Salah satunya Joni Sutangga, menyatakan agar tujuan inti dari terbentuknya forum ini tetap menjadi pegangan teguh para anggota forum. Ia peran dan pergerakan forum dapat diperkuat dengan branding posisi yang baik dimata pemerintah daerah. Dengan mendulang karya dan konsep yang baik dan membangun untuk Pariwisata NTB kedepan.

“Kita lepas persoalan lain agar kita lebih fokus mendukung program promosi pariwisata daerah. Tidak ada tendensi untuk kita menyaingi ataupun tandingan, persoalan bagaimana lobi nanti kita hanya perlu perkuat posisi kita dimata para pelaku pariwisata ataupun lembaga terkait,” harapnya.

Deklarasi Forum Jurnalis Pariwisata rencananya akan digelar pada Rabu pekan depan di Mataram, yang direncananya akan dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Daerah sebagai langkah positif dan wujud  keseriusan membentuk forum FJP tersebut. (Sv.01)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News