Breaking News

Diskusi Pariwisata Isi Ngabuburit Ramadhan Ala FJP

'Ngobras' Ngobrol Santai Pariwisata digelar Forum Jurnalis Pariwisata menghadirkan tiga narasumber dalam diskusi berjudul "Menuju Pariwisata NTB Berkelas Dunia" di gelar di Lesehan Taliwang Moerad Pajang Mataram (11/06)


(savananews.com) Mataram – Apreseasi dan ungkapan rasa syukur atas  deklarasi terbentuknya Forum Jurnalis Pariwisata (FJP) NTB, diucapkan  3 orang narasumber yang hadir dalam “Deklarasi dan Ngobrol Santai Seputar Pariwisata FJP NTB” pada Senin (11/5) di Lesehan Taliwang Moerad Pajang Mataram. 


Mereka diantaranya Senator Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Baiq Dyah Ratu Ganefi Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, TGH. Fauzan Zakaria serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB yang mencoba membedah dan share pengetahuan tentang pariwisata dari segala sisi termasuk semangat dan ide-ide cemerlang membangun pariwisata kedepan.

“Dibutuhkan kebersamaan dalam membangun pariwisata. Semisal selama ini pariwisata NTB hanya gaung saja, kedepan perlu inovasi-inovasi yang lebih baik lagi. Dan yang perlu menjadi perhatian harus dibarengi sengan penataan dan pembenahan,”ungkap Senator kawakan asal NTB, Baiq Diah Ratu Ganefi saat memaparkan pemikirannya tentang pariwisata NTB saat ini.

Menurut Ratu Ganefi, terbentuknya forum ini merupakan implementasi mutlak dari kontrol kepariwisataan daerah. Tak hanya akan berkutat pada promosi, forum ini juga diharapkan dapat menjadi penggerak sekaligus jembatan kerja dari lembaga - lembaga kepariwisataan yang terbentuk oleh kebijakan pemerintah pusat maupun daerah. Bahkan tidak hanya sebatas apresiasi, senator yang mewakili NTB ini juga menegaskan, jika dirinya akan menjadi pendamping dari gerak positif FJP NTB. “Saya akan bertanggungjawab terhadap keberadaan FJP NTB ini ke depan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua BPPD NTB juga menyasar langkah promosi dan pengenalan pariwisata NTB agar  gaung yang lebih besar lagi di masa mendatang. Aspek promosi wisata menurut Ketua BPPD NTB Fauzan Zakaria, tidak lepas dari mengikuti perkembangan era globalisasi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat menetuakan dalam memeberikan pandangan, promosi dan kemajuan dalam dunia pariwisata secara signifikan.

“Apalagi era globalisasi berkaitan dengan persaingan pasar bebas sehingga dibutuhkan keselarasan atau singkronisasi dalam perkembangan kemajuan pariwisata, Jurnalis itu syarat penting sebagai salah satu elemen penting memajukan dan menggaungkan pariwisata menuju kelas dunia itu” ucapnya.

Dari sudut pandang berbeda, Ketua KONI NTB Andi Hadianto menyisipkan pesan positif bagi forum jurnalis pariwisata NTB untuk mewujudkan mimpi besar sebagai pondasi kuat pengembangan pariwisata. Gaung pariwisata menurutnya tidak hanya dibatasi dengan penataan dan pengembangan. Ia justru menyebutkan jika even olahraga berkelas internasional yang masive memiliki peran penting untuk menggerakkan roda kepariwisataan agar dipandang dimata dunia.

“Selama ini NTB banyak menggelar evet  sport yang berdampak pada pasar pariwisata. Kehadiran event olahraga di NTB telah banyak berkontribusi bagi pariwisata. Sport tourisme salah satu aspek penting dunia pariwisata," tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L. Faozal memberikan sambutan dalam deklarasi FJP yang dirangkai dengan Diskusi Santai Kepariwisataan NTB dan tantangannya menuju  Pariwisata berkelas dunia

Bersamaan dengan diskusi ringan seputar kepariwisataan ini, secara resmi Forum Jurnalis Pariwisata NTB juga di deklarasikan. Seluruh anggota forum yang terdiri dari para jurnalis televisi, media cetak dan online, dikukuhkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mewakili Skretaris Daerah Rosiady Sayuti sebagai perwakilan Pemerintah daerah. (SV.01)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News