Breaking News

Mahasiswa Lintas Agama NTB Gelar Seminar Kebhinekaan Tangkal Radikalisme


(savananews.com) Mataram –Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (OKP_Red) Lintas Agama bersama Pengurus Wilayah Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia (KMHDI) Nusa Tenggara Barat, yang ada di NTB menggelar Seminar Persatuan dan Deklarasi Mahasiswa Untuk Persatuan, di Aula STAHN Gde Pudja Mataram, Kamis (2/8).

Dalam cara yang dinisiasi para mahasiswa tersebut Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia (KMHDI) NTB, Wayan Martiwi Karismawati menyatakan, seminar persatuan ini merupakan ajang bagi generasi muda terkhusus organisasi kepemudaan untuk lebih berperan aktif menjaga ke-bhinekaan. Wayan mengatakan, bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, ditandai dengan banyaknya suku, etnis, budaya, agama, adat istiadat di dalamnya. 

"Semangat Bhineka Tunggal Ika harus selalu digaungkan oleh generasi muda guna menjunjung tinggi toleransi dan kepedulian sosial di tengah keberagaman yang ada," katanya, di Mataram, Kamis (2/8/2018).

Sementara, dalam memaparkan materi seminar ini  Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda NTB, Kombes Pol Benny Basir menyoroti mengenai peran pemuda yang bisa memperkuat sinergisitas dalam menjaga keamanan dan kondusifitas pada khususnya di NTB.

"Keragaman dan kemajemukan ini harus dikelola secara benar, agar keberagaman tersebut dapat menghasilkan energi yang luar biasa besar," ucap dalam pemaparan materi seminarnya. 

Namun, menurut dia,, bila tidak dikelola secara benar, maka kemajemukan dan multikulturalisme dapat menghasilkan perpecahan di tengah masyarakat

"Oleh karena itu saya berharap kepada OKP untuk tetap berperan aktif menjaga persatuan dan kesatuan khususnya di NTB," kata Dirmas Polda NTB ini.

Diakhir kegiatan Seminar Persatuan yang diprakarsai oleh KMHDI NTB bersama beberapa OKP lintas agama, seperti HMI, IMM, PMII, GMNI, PMKRI serta Hikmahbudi (Himpunan Keluarga Mahasiswa Budha Indonesia) secara bersama-sama membacakan naskah Deklarasi Mahasiswa untuk Persatuan. (S.V.01)

Berikut lima butir Naskah Deklarasi Mahasiswa Untuk Persatuan:

1. Berpegang teguh pada landasan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Undang-Undang Dasar Negara Republika 1945 dan semangat Bhineka Tunggal Ika. 

2. Mempersiapkan dan membentuk generasi muda yang memiliki jiwa nasional yang kuat, demokratis, jujur, berkeadilan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, etika akademik, hak asasi manusia, kemajemukan, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa yang berwawasan nusantara

3. Menolak organisasi dan aktifitas yang berorentasi dan/atau berafiliasi dengan gerakan radikalisme, terorisme dan/atau organisasi kemasyarakatan/organisasi politik yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan perundang undangan

4. mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan upaya pencegahan, penyebaran paham dan/atau gerakan radikalisme, terorisme dan/atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

5. Menolak segala bentuk kegiatan politik dan keagamaan lainnya di arena car free day, karena arena tersebut hanya untuk kegiatan olahraga bersama dan sosial kemasyarakatan lainnya.

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News