Breaking News

NTB: Kepala Desa/Kelurahan Penting dalam Penanggulangan Bencana


(savananews.com) Mataram - Dukungan penuh dari Bupati / Walikota, khususnya melalui camat dan kepala Desa / Kelurahan di wilayah terdampak dinilai demikian penting dalam penanganan bencana. Hal itu dikatakan Gubernur  NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc, saat menghadiri penyerahan bantuan komunikasi berupa handphone dan kartu internet dari PT XL Axiata, Rabu (10/10/2018) di ruang rapat utama kantor Gubernur NTB.

Dalam upaya penanganan pasca bencana, komunikasi  seringkali menjadi masalah. Belajar dari beberapa daerah di Indonesia yang juga mengalami musibah serupa, seperti Aceh dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pemerintah provinsi setempat tidak mungkin bekerja sendiri, tambah Gubernur.
Saat itu Gubernur menjelaskan, pihaknya telah membentuk pusat komando / command center (CC), guna memudahkan proses mengakses data secara realtime. Pemerintah Provinsi harus punya info yang lengkap dan up to date langsung dari daerah terdampak.
Lanjut Gubernur bahwa, dengan fasilitas smartphone serta paket internet gratis selama satu tahun yang diberikan kepada beberapa desa, kecamatan serta sekolah yang terdampak bencana, diharapkan pemerintah provinsi melalui CC yang dikomandani Oleh Wakil Gubernur Hj. Dr Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, akan lebih mudah menerima laporan dari kepala desa, camat maupun kepala sekolah tersebut.
“Laporan yang diterima nanti bukan hanya berupa laporan secara tertulis maupun lisan namun juga bisa dikirim dalam bentuk foto maupun video", terang Gubernur.
Ia berharap, segala perkembangan yang terjadi di lapangan secara rutin bisa dipantau setiap sore melalui command center. Data dan laporan itu nantinya akan menjadi bahan evaluasi oleh pemerintah provinsi.

Total 285 bantuan smartphone yang dilengkapi paket bebas internet selama 1 tahun diserahkan kepada camat, kepala desa dan madrasah yang terdampak parah bencana gempa.
Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Telnologi PT XL Axiata, Yessie D Yosetya.

bersama Gubernur dan Wagub menyerahkan bantuan peangkat komunikasi kepada perwakilan 10 camat, 10 kepala desa dan 3 madrasah di wilayah terdampak bencana. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News