Cegah Longsor, Pemda Lobar Ajak Warga Gelar Tanam 1.000 Bibit Durian


Lomboknilai barat - Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menanam 1.000 bibit durian bersama warga di Embung Telaga Pandan Wangi terletak di Dusun Lendang Damai, Desa Mareje Timur (Maritim) Kecamatan Lembar, Rabu, (25/11).


Di sela-sela penanaman, Fauzan mengatakan, kegiatan penanaman ini untuk kesekian kalinya dilakukan di Embung Telaga Pandan Wangi Desa Mareje Timur.


"Tadi kita tanam bibit durian, sebelumnya pernah kita tanam kopi,  minyak kayu putih dan juga kelengkeng," katanya. 


Dia mengatakan, untuk beberapa minggu ke depan akan ada pembenihan tanaman porang. 


"Mudah-mudahan masyarakat kita yang masuk dalam kelompok dalam pengelola hutan bisa mendapatkan penghasilan lebih dan sekaligus ikut menjaga hutan," imbuhnya. 


Diakui Fauzan, Kepala Desa Mareje Timur HM Hadran Parijal sudah melakukan proses pembenihan 50-an ribut untuk tanaman porang ini. 


"Kita harus memanfaatkan lahan yang sudah ada di samping untuk reboisasi selain sebagai tempat penyimpanan air. Dari sisi ekonominya juga luar biasa bagi masyarakat kita dan paling penting mereka mendapatkan penghasilan dan menjaga kelestarian hutan," harapnya. 


Menurut dia, kalau ini dilakukan bisa meminimalisir longsor dan air tidak sulit lagi  sehingga pertanian bisa hidup.


Sementara itu, Kadis Pertanian Lobar Ir. H Muhur Zokhri mengatakan, kegiatan hari ini penanaman durian sebanyak 1.000 bibit durian sebagai upaya untuk mendukung rencana pengembangan kawasan agrowisata dan pengembangan pariwisata di kawasan embung ini. 


"Ini adalah salah satu upaya kita untuk memanfaatkan kawasan ini secara optimal,” katanya.


Dia menjelaskan, kawasan embung ini ke depan selain ditanam bibit durian juga akan ditanam tanaman holtikultura lainnya. 


"Embung ini akan dibina untuk penanaman tanaman holtikultura selama tiga tahun," terangnya. 


Di tempat yang sama Kades Mareje Timur H.Muhammad Hadran Parizal merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati dan Dinas Pertanian yang telah memberikan bibit durian.


"Tadi kita bersama bapak Bupati dan Kadis Pertanian menanam bibit durian secara simbolis," katanya. 


Dia menerangkan di lokasi embung ini juga sudah ditanami tanaman holtikultura seperti buah nanas, pepaya, naga, alpukat,  kelengkeng dan termasuk durian. 


"Kita dibantu sama Dinas Pertanian itu 1.000 bibit durian dan kalau bibit alpukat sama kemiri kita dibantu dari Kehutanan," tuturnya. 


Dia berharap,  embung ini ke depan bisa sebagai ikon agrowisata dan ini bisa mendatangkan hasil dan dampak bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa. (Andy)