Ingin Berinvestasi di Lombok Barat Jalal Mirzayev bertemu bupati


Lombok barat - Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev berkunjung ke Lombok Barat (Lobar). Kunjungan ini diterima langsung Bupati Lobar H. Fauzan Khalid di ruang kerjanya, Kamis, (26/11). Jalal Mirzayev menyampaikan akan mendorong warga Azerbaijan untuk datang dan berinvestasi di Lombok, lebih khusus lagi Lobar.


“If Azerbaijaness explore this island, the beauty of this island, to stay and invest in Lombok, they will enjoy it,” kata Jalal Mirzayev menunjukkan ketertarikannya setelah melihat sendiri Lobar dan sangat yakin orang-orang Azerbaijan yang datang mengeksplor Lobar akan betah tinggal dan berinvestasi di daerah ini. 


Hal ini, kata dubes yang baru setahun ditugaskan di Indonesia ini, karena Lobar dan Azerbaijan memiliki banyak kesamaan (common values) yang akan membuatnya mudah untuk bekerja sama. 


“This island is a very nice place to visit, unfortunately in Azerbaijan we have not got more information about this island,” kata dubes mengaku warga Azerbaijan belum banyak yang tahu bahwa ada satu pulau yang sangat indah untuk dikunjungi yaitu Pulau Lombok.


Dubes menyampaikan akan mencoba menimbang kontribusi apa yang bisa diberikan untuk Lobar. Dia bertekad untuk menghubungkan Indonesia termasuk Lombok dengan daerah-daerah relevan yang ada di Azerbaijan dengan  niat membangun kerjasama untuk saling mengunjungi keindahan negara masing-masing.


“Bagaimana menarik orang Indonesia ke Azerbaijan, kami punya banyak muslim, kami mendesain haji-umrah plus, mereka ke Mekkah, juga bisa mampir ke Azerbaijan,” ujar dubes dalam Bahasa Inggris. 


Dubes juga mengharapkan akan ada kerjasama antar agen wisata yang ada di Lobar dan Azerbaijan untuk melakukan kerjasama dalam rangka saling mengunjungi.


“Kerja sama antara agen wisata Azerbaijan dan  Lombok Barat, bersama-sama melakukan promosi apakah di Lombok atau di Baku (ibu kota Azerbaijan, red),” harapnya. 


Dubes sangat tertarik dengan Lobar, dengan wisata halalnya, termasuk dengan keindahan dan kemegahan bangunan-bangunan masjidnya. 


“Kami ingin berinvestasi infrastruktur di Lombok Barat, saya membutuhkan detail informasi apa yang dibutuhkan. Termasuk garansi apabila melakukan investasi di daearah ini,” ujarnya. 


Dubes sempat menanyakan kewenangan ijin berinvestasi yang dijawab bupati kewenangan ada di pemrintah pusat namun ketika sudah ada ijin dari pemerintah pusat bupati mengatakan akan mempermudah proses investasi investor Azerbaijan di Lobar. 


“Segera setelah saya dapat informasi, saya akan bawa investor dari Azerbaijan,” kata dubes. 


Bupati H. Fauzan Khalid dalam ucapan selamat datangnya mengharapkan agar dubes bisa menikmati keindahan alam dan keragaman budaya Lobar.


“Lombok Barat dengan Azerbaijan sama-sama Islam. Di Azerbaijan 97 persen penduduknya Islam, sedang Lombok Barat sekitar 92 persen Islam,” ujar bupati. 


Dikatakan Fauzan, kerjasama antara Lobar dan Azerbaijan adalah sangat menjanjikan ternasuk pertukaran budaya dan bagaimana mengundang wisatawan dari Azerbaijan untuk berwisata di Lobar.


“Salah satu yang menarik adalah makanan halal, ini adalah isu yang sensitif, Lombok Barat menjamin itu karena kesamaan agama,” kata Fauzan. Termasuk juga di bidang ekspor-impor  hasil industri kecil seperti jajanan, kopi, dan lain-lain.


“Semoga apa yang kita lakukan diberkahi Allah SWT,” ujar Fauzan.


Dubes sendiri menyampaikan terima kasih atas keramahama dan sambutan bupati. 

“Kita bersaudara, tidak ada yang bisa memisahkan,” tegasnya. 


Dubes menyebut tugasnya adalah untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Azerbaijan. Meski baru satu tahun di Indonesia dia sudah berkunjung ke Jawa Barat, Jawa Timur, serta Yogyakarta, untuk memperluas kerjasama antara Azerbaijan dan Indonesia. (Yasir)