Breaking News

Sepuluh Sekolah Di Lombok Barat Jadi Contoh SPAB


Giri Menang, 1 Desember 2020 - Bupati Kabupaten Lombok Barat (Kab. Lobar) H. Fauzan Khalid mengapresiasi  kegiatan program Yayasan Plan Internasional Indonesia yang menjadikan 10 Sekolah di Lobar  sebagai contoh penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB)  di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Hal  tersebut disampaikannya ketika membuka Sosialisasi Peraturan Gubernur No. 63 tahun 2020 tentang SPAB  di Provinsi NTB dan Peraturan Bupati No. 24 tahun 2020 tentang Satuan Pendidikan Ramah Anak, bertempat di  ruangan Senggigi Hotel Jayakarta, Selasa, (1/12).

Dengan dijadikannya 10 sekolah ini menjadi project percontohan SPAB ini diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi sekolah yang lain.

Dalam sambutannya di hadapan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lobar H. Haerudin, Project Kordinator Yayasan Plan International Maulina Utaminingsih dan fasilitator, Bupati Lobar Fauzan  mengatakan bahwa acara ini sangat penting mengingat hal ini untuk memastikan kesiapan suatu satuan pendidikan anak, di mana Lobar merupakan daerah yang sangat rentan terhadap bencana  baik itu gempa, angin puting beliung, longsor dan terlebih sekarang menghadapi bencana dunia yakni Covid-19.

"Menyangkut anak kita harus siap, baik itu mengenai pendidikan maupun psikologinya. Terkait psikologi kita tidak ingin anak-anak kita trauma terhadap bencana yang dialaminya dan menjadi kewajiban kita bersama agar mereka mampu mengatasi traumanya," terangnya.

Bupati Fauzan berharap dengan adanya sekretariat yang ada  di 10 sekolah ini maka diharapkan sekolah yang lain bisa belajar dan mencontohnya.

Maulina Utaminingsih selaku Project Koordinator Yayasan Plan International mengatakan selaku yayasan yang berada di bawah UNICEF,  sosialisasi ini merupakan program terakhir Yayasan Plan di NTB dan akan berlangsung selama 4 hari. 

Untuk diketahui program keseluruhan  Yayasan Plant di mulai usai bencana gempa Lombok tanggal 2 Oktober 2019 dan akan berakhir 30 Desember 2020 mendatang.

lebih jauh Maulina mengatakan kesepuluh sekolah yang menjadi project percontohan SPAB ini ada di Kecamatan Batu Layar, Labuapi, Gerung, Lingsar dan Gunung Sari.

Program-program yang  dilaksanakan Yayasan Plan, paparnya, yaitu penyerahan paket sekolah, pelatihan fasilitator SPAB, baseline and endline untuk mengetahui perkembangan program, pelatihan kaum muda untuk mengurangi resiko bencana dan sosialisasi Peraturan Gubernur dan Peraturan Bupati.

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News