Komit Terapkan K3, PLN NTB Raih Penghargaan Zero Accident Dari KEMNAKER RI


Savananews – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB dan PLN UP3 Mataram meraih Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) dari Kementerian Ketenagakerjaan RI atas komitmen terhadap pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Pada perhelatan ini, PLN Unit Induk Wilayah NTB dan PLN UP3 Mataram berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori Kecelakaan Nihil (Zero Accident).


Penghargaan diserahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, Dra. T. Wismaningsih Drajadiah kepada Pejabat K3L PLN Unit Induk Wilayah NTB, Warjito pada acara Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2021 di halaman Kantor Disnakertrans Provinsi NTB (12/01).


“Prestasi ini merupakan hasil dari kedisiplinan dan kepatuhan seluruh karyawan yang juga didukung oleh manajemen dalam kepatuhan peraturan K3 serta menjaga dan mengelola Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan kerja PLN Unit Induk Wilayah NTB,” ujar Lasiran, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB.


Penghargaan Zero Accident merupakan suatu prestasi atas kepedulian seluruh manajemen dan juga pegawai dalam menjaga dan mengelola Keselamatan dan Kesehatan Kerja.  Aspek K3 adalah aspek penting yang perlu diantisipasi secara tepat oleh perusahaan agar dapat mengendalikan risiko bahaya bagi pekerja dan lingkungan kerja. 


Pengendalian potensi bahaya K3 dalam proses bisnis organisasi melalui penerapan sistem manajemen K3 merupakan salah satu investasi serta partisipasi dalam andil membangun terciptanya zero accident perusahaan serta budaya K3 yang lebih baik.


Penghargaan yang diterima oleh PLN UIW NTB adalah agenda Kementerian Ketenagakerjaan RI yang bertujuan untuk mengkampanyekan K3. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang konsisten menegakkan K3 dengan baik dengan berfokus pada perusahaan yang telah disiplin mengimplementasikan K3.


“Nilai-nilai K3 harus tertanam dalam masing-masing diri pegawai, karena tak ada yang lebih penting daripada jiwa manusia. Apabila SOP dan peraturan terus dilakukan, PLN UIW NTB akan selalu Zero Accident,” tutup Lasiran. (*)