Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat Sambangi Warga Terdampak Bencana

Wakil Bupati Lombok Barat Tengah Memantau Korban Banjir

Savananews - Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun bersama Kasat Pol PP Bq. Yeni S. Ekawati dan Sekertaris BPBD Lobar tinjau lokasi pasca banjir di Dusun Pengantap dan Bengkaung, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Sabtu, (6/2).


Dalam peninjauan tersebut wakil bupati juga menyerahkan bantuan kepada warga  yang terdampak akibat banjir bertempat di rumah Kepala Dusun Pengantap Lalu Muhammad Kasim dan rumah salah seorang warga di Dusun Bengkaung. 


Penyerahan bantuan ini berupa kebutuhan pokok seperti sembako, makanan anak, mie instan, dll.


Pada kesempatan itu, Hj. Sumiatun menyampaikan pemda akan terus berusaha membantu masyarakat yang terkena musibah banjir maupun bencana-bencana lainnya yang terjadi di daerah in baik dari sarana maupun bantuan makanan dan kebutuhan.


"Kalau perlu apa-apa, sampaikan ke Kadus, Kades atau Camat, supaya bisa segera disiapkan kebutuhannya," ujar wabup. 


Selain itu, wabup juga  mengajak warga ikut serta dalam penanganan banjir dengan membersihkan saluran air dari sampah.


"Jangan Ibu Bapak jadi penonton harus bantu kami juga di pemda," pesannya. 


Sementara itu Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat menyusuri warga yang terdampak bencana alam puting beliung.


Setidaknya ada dua dusun yang terdampak angin puting beliung di Kecamatan Lembar yakni Dusun Gerepek dan Dusun Embung Kolah, Desa Labuan Tereng. 


Dari informasi warga setempat angin puting beliung terjadi sekitar pukul 18.00 Wita, Jum'at (5/2) kemarin.


Dari dusun tersebut Dusun Gerepek yang mempunyai sekitar 73 KK yang terdampak angin  puting beliung sekitar 6 rumah terdampak rusak berat dan 24 rumah rusak ringan. Sedangkan Dusun Embung Kolah yang mempunyai sekitar 200 KK yang terdampak rusak berat sekitar 4 rumah  dan 6 rusak ringan.


Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat ditemui selesai menyalurkan bantuan pada Sabtu, (6/2) mengatakan, pemda juga sudah mengantisipasi dan berkoordinasi dengan BMKG dan mendapat informasi curah hujan tinggi, hujan angin dan lain sebagainya setidaknya sampai akhir bulan Februari. 


"Bantuan yang kita salurkan hari ini berupa makanan pokok seperti beras, minyak, mie instan dan terpal," tutur bupati.


Turut mendamingi bupati saat menyalurkan bantuan yaitu Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Sekda Lobar H. Baehaqi, Kalak BPBD Lobar Mahnan, Kadis Sosial Lobar Lalu Martajaya, Sekretaris Perkim Lobar Lalu Ratnawi, Kadis PUTR Lobar I Made Arthadana dan Camat Lembar Hasanudin. (M.Y)