Breaking News

Pemerintah Kecamatan Narmada Terapkan Program LOBISA di 21 Desa

Pemda Lombok barat Dukung Program Forkopimcam

Savananews - Program sejeLO BIna deSA (LOBISA) yang diterapkan oleh Pemerintah Kecamatan Narmada banyak dukungan dari kalangan kepala desa di 21 desa yang ada di Kecamatan Narmada.


Plt Camat Narmada Muhammad Busyairi saat ditemui di Dusun Temas, Desa Narmada, Sabtu (20/2) mengatakan, program LOBISA ini merupakan program inovasi Pemerintah Kecamatan Narmada dalam melakukan pembinaan terhadap desa-desa di Kecamatan Narmada.


"Pada hari Selasa dan Kamis kami (Tim LOBISA, red) berkantor di desa. Tim LOBISA ini terdiri dari  saya sendiri, semua Kepala Seksi, Kasubag dan ditambah masing-masing satu orang staf, jumlahnya ada 15 orang turun ke desa," ungkap Muhammad Busyairi.


Mantan Kasi Disperindag Lobar ini mengaku, tujuan dari program LOBISA yang utama adalah silaturrahmi Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Desa. Lanjut kata dia, tujuannya untuk membina disiplin di mana program ini dimulai dengan apel pagi dimulai pukul 08.00 di desa dan diakhiri dengan apel sore pukul 15.00 sebagai bentuk pembinaan disiplin terhadap perangkat di desa.


"Selanjutnya untuk membina administrasi desa yang kita ketahui selama ini, desa kadang abai untuk menata administrasinya, sehingga kalau dibutuhkan data oleh pihak-pihak luar tidak pernah tersedia data yang valid. Kalau misal ada desa yang ditunjuk mengikuti lomba entah itu lomba desa atau lomba lainnya, biasanya kita ini menyiapkan segala sesuatu dalam satu malam (lembur, red). Kita harapkan dengan program LOBISA ini bisa berlanjut, tertib administrasi di desa dan tidak perlu lembur lagi, sehingga data administrasi siap dan tidak ada data yang dimanipulasi," paparnya.


Dia menyebut, program LOBISA ini juga untuk mendukung program Gerakan Menuju Nol Temuan (Gardu Mente)dari Inspektorat.


"Program LOBISA ini sudah berjalan selama 4 minggu dan  sudah kita datangi 9 desa sejak kami launching pada bulan Januari 2021 kemarin. Semua respon dari kades sangat baik dan berharap program ini tetap berlanjut," sebutnya.


Dengan adanya program LOBISA ini dia berharap terjalin sinergi antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Desa. Apapun informasi, permasalahan yang ada bisa saling berbagi dan carikan solusi bersama.


Sementara itu, Kades Golong H.M.Zainuddin mengatakan, terkait dengan program LOBISA yang diluncurkan oleh Pemerintah Kecamatan Narmada memang sangat luar biasa.


"Kenapa saya bilang luar biasa, karena ini dalam rangka pembinaan terhadap perangkat desa yang ada di Kecamatan Narmada baik dari semua Kaur dan Kasi yang ada sesuai dengan tupoksi masing-masing. Kemudian lembaga perangkat desa terutama BPD, PKK, Karang Taruna dan Linmas, sehingga pada satu hari dari Pemerintah Kecamatan berkantor di desa sebagai bentuk bagaimana ke depan bisa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan," sebut Zainuddin yang juga ketua Forum Kades Kecamatan Narmada 


Dia berharap, program LOBISA ini bisa ditiru oleh kecamatan-kecamatan lain. Dengan pembinaan itu paling tidak ada Pemerintah Kabupaten ada istilah reward tersendiri dan juga ada pembinaan yang intensif dari Pemerintah Kabupaten. (M.Y)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News