Pemusnahan Miras dan Press Release Operasi Pekat Rinjani 2021


Savananews – Bupati Kabupaten Lombok Barat (Kab Lobar) H. Fauzan Khalid bersama Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo SIK dan unsur Kejaksaan Negeri Mataram, Pengadilan Mataram, Majelis Ulama Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama, Kasat Pol PP, dan Kadis Perhubungan melakukan pemusnahan Barang Bukti Minuman Keras (Miras) dan mengadakan Press Release Terkait Berakhirnya Pelaksanaan Operasi Kepolisian Kewilayahan Pekat Rinjani 2021 di Polres Lobar, Senin (12/4).


Operasi Pekat Rinjani  dilaksanakan oleh Polres Lobar selama 14 hari dari tanggal 29 Maret sampai 11 April 2021. Operasi pekat dilaksanakan sebagai upaya untuk mengantisipasi persoalan  merebak di tengah masyarakat, terutama menjelang Ramadhan ini. 


Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid yang hadir dalam agenda pemusnahan barang bukti itu pun menyebut, Polri tidak akan bisa melakukan pengungkapan itu sendiri bila tidak dibantu oleh masyarakat. 


"Kalau hanya Polri sendirian, itu mustahil bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Karena masih ada keterbatasan anggota, belum lagi karena geografis Lobar yang luasnya 1.058 km²," jelasnya. 


Sehingga ia berharap masyarakat juga turut aktif berperan dalam hal ini. Termasuk juga berupaya meminimalisir potensi terjadinya tindak kejahatan. 


"Di samping kita berharap terhadap Polri, kita harus juga menjadi orang pertama untuk menyelamatkan diri kita," tandasnya.


Sementara itu, Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo SIK  menyebut adanya  selisih peningkatan kasus dari tahun 2020 ke tahun 2021 sebesar 400 persen  meliputi miras, judi  hingga prostitusi. Di mana enam kasus judi,  tiga kasus prostitusi, untuk pengungkapan kasus miras tahun ini berjumlah 90 kasus dengan jumlah barang bukti yang berhasil diamankan  sebanyak 1.156 berbagai merk, kemudian 2.000 liter lebih miras tradisional yang baru saja dimusnahkan.


“ Kita berharap dengan upaya maksimal yang dilakukan ini bisa lebih menjaga suasana Kamtibmas di Lobar selama bulan suci Ramdhan,  kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa bersama-sama mendukung dan  bekerjasama menjaga Kamtibmas,” pungkasnya.(M.Y)