Hademan Dilantik Sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Lombok Barat oleh Bupati

Foto pelantikan Hademan SH., MH oleh bupati Lombok Barat - sumber foto Andi Prokopi Lobar



Savananews - Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid melantik Kepala Inspektorat Kabupaten Lombok Barat baru yang digelar di Aula Kantor Bupati Lobar, Senin, (3/5).


Hadir dalam pelantikan tersebut Bupati didampingi Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun, Sekretaris Daerah Lobar Dr. Baehaqi, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Para Asisten, dan Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.


Hademan, SH., MH yang sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Utama Pratama pada Kejaksaan Tinggi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi dilantik Bupati Lobar sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Lombok Barat.


"Perlu saya sampaikan Inspektorat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017 menerima penilaian Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level III. Ini merupakan Inspektorat pertama Kabupaten/Kota se- NTB yang memperoleh Level III," ungkap Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat sambutan.


Dia menambahkan, Kabupaten Lombok Barat Tahun 2020 kemarin juga maseh Level III tetapi dengan nilai sempurna. Sama dengan Provinsi NTB dan Kota Mataram. Jadi di NTB, Inspektorat yang memiliki APIP Level III nilai sempurna itu adalah Inspektorat Provinsi NTB, Inspektorat Lombok Barat dan Kota Mataram.


"Kepada kepala Inspektorat Lombok Barat yang baru kita lantik supaya nanti nilai APIP ini perlu kita pertahankan dan bisa kita tingkatkan bahkan bisa ke Level IV," ujarnya.


Lanjut kata dia, Inspektorat Lombok Barat sekarang masuk dalam pilot project untuk penerapan manajemen resiko terhadap semua perencanaan dan program yang dilakukam di Kabupaten Lombok Barat.


"Ini juga harus dikawal, sehingga apapun yang kita rencanakan dan kita programkan semua resikonya sejak awal sudah kita manage, sehingga efek negatifnya tidak kita temukan," paparnya.


Pada kesempatan itu, dia menyebut Inspektorat Lombok Barat sudah melaunching Gerdu Mente (Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan) dengan kegiatan yaitu APIP Nyambang OPD, APIP Ngayo Dese, APIP Jango’ Sekolah dan pelayanan konsultasi online maupun offline.


"Mudah-mudahan dengan adanya program Gerdu Mente (Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan) apa yang kita cita-citakan bisa tercapai," harapnya.


Terakhir dia berharap kepada Kepala Inspektorat Kabupaten Lombok Barat baru Hademan untuk mengawal pelaksanaan semua kegiatan dan semua anggaran termasuk anggaran di masing-masing desa untuk pengelolaannya lebih baik lagi.


"Selamat kepada Kepala Inspektorat Kabupaten Lombok Barat baru dan jaga soliditas di internal Inspektorat dan tentunya dengan OPD-OPD yang lain. Mari bersama-sama kita terus memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Lombok Barat yang kita cintai dan banggakan ini," ucapnya. (M.Y)