3 Hari Terdampak Banjir Rob, Warga Dusun Cemare Belum Tersentuh Bantuan

Warga Dusun Cemare, Desa Lembar Selatan Terdampak Banjir Rob

Savananews - Ratusan rumah warga di pesisir Dusun Cemare, Desa Lembar Selatan, Kabupaten Lombok barat, NTB terendam banjir rob yang mengguyur permukiman warga sejak 3 hari terakhir.


Kepala dusun Cemare, Munawir haris mengaku air laut naik hingga lutut orang dewasa dan masuk kedalam rumah warga, hingga membuat peralatan dapur dan peralatan tangkap ikan hanyut.

Hingga kini pihaknya belum tersentuh bantuan apapun dari pemerintah, padahal, warga sudah tidak bisa mencari nafkah akibat rumah mereka yang terendam banjir rob.

"Sudah 3 hari kejadian ini, dan belum ada bantuan apapun yang kami dapat, padahal warga sini tidak bisa bekerja akibat bencana ini," ucap Munwir Haris.

Untuk sementara, pihaknya menduga banjir rob ini terjadi akibat adanya reklamasi perusahaan di Lombok barat yang melakukan penimbunan di pesisir pantai Lembar.

"Akibat reklamasi ini banjir ini terjadi, kalau kita bandingkan sebelum para perusahaan ini berdiri kami tidak pernah mengalami kejadian banjir rob yang separah ini," ujarnya.

Warga berharap pemerintah terkait segera mencarikan solusi untuk membantu mereka yang saat ini tengah terpuruk akibat bencana banjir rob.

"Kebutuhan kami sekarang sembako, dan peralatan tidur. Selain itu kita juga meminta pemerintah untuk segera membantu kami untuk mencari solusi agar banjir ini tidak terjadi lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala bidang kedaruratan BPBD Lombok barat mengaku telah turun melihat kondisi warga yang terdampak bencana. Hanya saja, pihaknya perlu mendata jumlah warga terdampak untuk menurunkan bantuan.

"Kami sudah turun dengan pihak desa dan kecamatan, tapi kami harus data dulu baru kita turunkam bantuan," katanya.

Pihaknya berjanji akan segera memberikan bantuan sementara untuk warga terdampak. "kita pasti bantu, sementara kita iventarisir dulu," tutupnya. (*)