Karang Taruna Desa Dangiang Bagikan Belasan Akta Notaris Gratis Untuk TPQ

Pengurus TPQ Di Desa Dangiang Menunjukan Akta Notaris Gratis Yang diperoleh Dari Notaris Masyhuda Nur'ahsan, SH.MH, dan Karang taruna 

Savananews - Ragam cara masyarakat bahu - membahu saling membantu antar sesama, baik dalam menjalankan syiar agama maupun membantu mencukupi kebutuhan ekonomi sosial mereka.


Di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). tepatnya di Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan. Sebuah lembaga Karang Taruna desa setempat menggandeng Pejabat Pembuat Akta Notaris untuk membantu belasan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) mendapat akta notaris secara gratis.

"Program ini diinisiasi oleh Notaris Masyhuda Nur'ahsan, SH.MH, bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Dangiang, Yayasan Pasirputih dan LazisNU KLU," Ungkap Ahmad Rosydi S.Sos, Ketua Karang Taruna Desa Dangiang.

Dijelaskan, program pemberian akta notaris secara gratis ini bertujuan untuk membantu melengkapi syarat administrasi TPQ memperoleh bantuan pemerintah. Dimana, aturan pemerintah saat ini juga mengharuskan TPQ memiliki alas hukum berupa akta notaris sebagai bagian dari lembaga yang diakui pemerintah.

Diterangkan pula bahwa Beberapa TPQ yang mengajukan untuk mendapatkan donasi malah tertolak akibat tidak lengkapnya administrasi tersebut.

"Akta Notaris, saya rasa sangat penting sebagai pondasi awal kelengkapan administrasi. Ada beberapa donatur swasta juga mempertanyakan keberadaan akta notaris dan juga surat izin operasional," Jelas Pria yang Akrab disapa Dom ini.

Total TPQ yang berhak mendapat Program Akta Notaris gratis tersebut terdapat 15 TPQ diantaranya di Desa Dangiang 8 TPQ, Desa Santong 3 TPQ, Desa Gumantar 1 TPQ, Desa Pemenang Barat 2 TPQ dan Kediri 1 TPQ.

Ketika kelengkapan administrasi ini sudah diberikan, para penyelenggara program berharap berharap supaya pemerintah lebih memperhatikan TPQ yang sedang berkembang di masyarakat.

"Harapan kami dari penyelenggara adalah sangat sederhana, semoga pemerintaj ato donatur lainnya bisa memperhatikan TPQ dan turut membantu dalam pembangunan, tidak lain dan tidak bukan, yaitu untuk mencerdaskan insan yang beriman," tutupnya. (*)