Breaking News

Meriahkan HUT RI ke 76, SMAN 1 Pringgasela Adakan Pagelaran Sabtu Budaya

SMAN 1 Pringgasela Lotim mengadakan pagelaran Sabtu Budaya sekaligus memperingati HUT RI ke 76

Savananews - SMAN 1 Pringgasela Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur mengadakan "Sabtu Budaya" yang merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB dengan mengangkat tema memperingati HUT RI ke 76. Siswa menampilkan berbagai foto hasil kreasi. Foto-foto hasil kreasi inipun menampilkan siswa-siswi berpakaian adat dengan mengambil obyek daerah perjuangan dan wisata di daerah setempat. 


Selain itu mereka menampilkan tarian dan permainan tradisional yang bertujuan melestarikan budaya sasak. Kepala SMAN 1 Pringgasela Taufik Fansuri mengatakan kegiatan pagelaran ini diinisasi oleh sekolah bersama OSIS dalam rangka  melaksanakan kegiatan Sabtu Budaya sekaligus memperingati HUT RI ke 76. 


"Pada kegiatan Sabtu Budaya kali ini, bertepatan dengan momentum HUT RI, karena itu kami mengangkat tema memperingati HUT RI ke 76,"jelas Taufik Fansuri, Sabtu (21/8). Dalam mempersiapkan acara ini dilakukan sejak satu pekan lalu. Dimana anak-anak berkreasi untuk mengambil foto-foto dengan obyek pemandangan alam dan daerah perjuangan. Mereka pun turun ke masing-masing lokasi untuk mengambil foto-foto sesuai tema.


Hasil foto mereka kemudian ditampilkan di stand-stand dalam bentuk pemeran yang mereka siapkan sendiri. Stand yang dibuat ini mengangkat kearifan budaya lokal setempat. Pada puncak acara, Sabtu (21/8), hasil kreasi foto dan stand ini dilombakan di sekolah. Lomba ini diikuti oleh 21 kelas yang ada di sekolah itu. Para guru menjadi tim penilai dalam lomba ini. 


Selain lomba kreasi foto dan stand, para siswa juga mengadakan lomba seni tari, dan permainan tradisional seperti enggrang, ngeson bakul, selodor, tarik tambang dan permainan lokal lainnya. "Para pemenang diumumkan pada hari puncak acara, yang menang diberikan hadiah,"kata dia. Dikatakan dengan diadakannya berbagai lomba kreasi dan permainan tradisional ini diharapkan menumbuhkan kembali semangat perjuangan di kalangan siswa-siswi serta para guru. 


Dan diharapkan mempertahankan kearifan budaya lokal di daerah setempat. Sekaligus mengangkat pariwisata daerah melalui berbagai foto hasil kreasi siswa-siswi. Ia menambahkan dalam upaya mendukung Sabtu Budaya yang merupakan program rutin Dikbud NTB, pihaknya menyiapkan jadwal kegiatan setiap hari Sabtu. Kegiatan yang ditampilkan, seperti atraksi kesenian dan permainan tradisional. Pecinta alam, panjat tebing, palang Merah, dan pramuka. (*)


SMAN 1 Pringgasela Lotim mengadakan pagelaran Sabtu Budaya sekaligus memperingati HUT RI ke 76

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News