SMAN 1 Pringgasela Gelar Simulasi ANBK

Savananews : siswa-siswi SMAN 1 Pringgasela mengikuti simulasi ANBK

Savananews - SMAN 1 Pringgasela Kabupaten Lombok Timur melaksanakan kegiatan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Sebanyak 50 siswa kelas XI yang terdiri dari 20 siswa jurusan IPA dan 30 siswa jurusan IPS yang ditetapkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mengikuti simulasi ini pada Kamis 26 Agustus 2021.


Kepala SMAN 1 Pringgasela Taufik Fansuri mengatakan simulasi asesmen nasional yang terjadwal secara nasional oleh kementrian dan diikuti oleh semua jenjang pendidikan dari SD MI sampai SMA. Kementerian memberikan jadwal simulasi terdiri dari dua periode. Periode 1 dari tanggal 23 - 26 Agustus dan periode ke 2  tanggal 30 Agustus - 1 September. ANBK merupakan asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal. 


Tujuan Asesmen Nasional ini untuk pemetaan mutu sistem pendidikan mulai tingkat SD/MI sampai ke tingkat SMA dengan menggunakan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar."AKM untuk mengukur kompetensi siswa dalam literasi membaca dan literasi matematika (Numerasi) Survei Karakter untuk mengukur sikap, kebiasaan dan nilai nilai berdasarkan enam aspek profil Pancasila,"jelas Kepala SMAN 1 Pringgasela ini. 


Adapun Survei Lingkungan Belajar dimaksud untuk mengukur Kualitas Pembelajaran dan iklim sekolah."Kita berharap Asesmen Nasional ini dapat membawa manfaat setelah dihapusnya Ujian Nasional,"kata Taufik Fansuri. (*)