Reses ke Desa Gelogor, Ummi Nurul Adha Ajak Masyarakat Untuk Mandiri

Hj. Nurul Adha Adakan Diskusi Santai di Dusun Gelogor Utara, Desa Gelogor Pada Kegiatan Resesnya

Savananews - Guna menyerap aspirasi masyarakat secara masif, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lobar Hj. Nurul Adha tak hentinya turun ke masyarakat guna menengok kondisi dan situasi warga yang saat ini dilanda pandemi covid-19.


Seperti yang dilakukannya di wilayah Desa Gelogor, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) misalnya, perempuan yang juga sebagai ketua DPD PKS Lobar ini menyambut baik setiap apa yang menjadi keluhan serta keinginan warga Gelogor agar bisa mandiri dan berdikari di tengah pandemi.

"Pada reses kita kali ini di desa Gelogor, yang disampaikan masyarakat adalah tentang meningkatnya kemiskinan yang terdampak oleh pandemi covid-19," terangnya disela mengunjungi warga pada Kamis, (7/10/2021).

Tidak hanya soal potret kemiskinan, dijelaskan Ummi Nurul Adha bahwa banyak Pemuda yang juga tidak memiliki pekerjaan karena tidak memiliki skil, maka dari itu perlu adanya pembinaan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kapasitas mereka di dunia pekerjaan.

Lebih lanjut dijelaskan, meningkatnya kemiskinan di tengah pandemi saat ini menjadi PR besar pemerintah setempat dalam menangani pemulihan ekonomi masyarakat.

Pihaknya berjanji dalam waktu dekat akan menyampaikan apa yang menjadi keluhan warga dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Lobar.

"Ini juga perlu menjadi atensi legislatif nantinya untuk mengusulkan aspirasi masyarakat setelah reses kita bahas RPJMD," ujarnya.

Secara garis besar, pemulihan ekonomi menjadi tanggung jawab pemerintah untuk terus mendorong masyarakat agar bisa mandiri, dengan mengoptimalkan sektor pertanian dan usaha kecil menengah (UKM) yang dikelola masyarakat.

"Yang paling rill adalah sektor yang ada di tengah masyarakat seperti Pertanian dan UMKM untuk menumbuhkan usaha masyarakat," imbuhnya.

Selain fokus terhadap pemulihan ekonomi, pada kesempatan tersebut Ummi Nurul Adha juga fokus menyoroti kondisi kebersihan lingkungan serta mendesak pemerontah untuk optimalkan jaminan kesehatan Bpjs masyarakat miskin.

Agar warga bisa lebih terbantu dalam hal perhatiannya dalam kebersihan, pihaknya dikabarkan telah menggelontorkan dana pokok pikiran berupa Motor Roda tiga sejumlah 3 unit sejak tahun 2019 lalu untuk Wilayah Kecamatan Kediri. Selain itu, beberala peralatan banjar seperti korsi, terop dan peralatan memasak sekaligus alat perbengkelan juga tak luput dari perhatiannya. (Yongki)