Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Pemuda dan Mahasiswa Diajak Tingkatkan Skill

Pemuda dan Mahasiswa Diajak Tingkatkan Skill
Foto : Diskusi Publik

 SAVANA NEWS
- Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S. Sos., MM mengajak pemuda dan mahasiswa untuk terus meningkatkan skill dan pemahaman tentang teknologi menghadapi era revolusi industri 5.0

“Karena tantangan kedepan semakin banyak dan beragam, seiring dengan perubahan revolusi Industri 4.0 ke era 5.0,”kata Doktor Najm saat menyampaikan paparanya disepan IKPPM Sumbawa, Sabtu (27/11/2021) di Aula kantor Bapenda Provinsi NTB.


Menurut Doktor Najm, Perkembangan teknologi yang baru akan menciptakan suatu kenormalan atau keseimbangan baru. Maka Pemuda dan Mahasiswa harus mengembangkan kemampuan digital dan mengerti  teknologi baru.

“Dan Responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi,” ajak mantan Komisioner KI NTB tersebut.

Termasuk, harus memperkuat pembelajaran berbasis keterampilan digital.  Karena Banyak bisnis-bisnis yang ada juga baru menyadari potensi perkembangan yang ada, contoh  Jerman, 80% perusahaan memiliki agenda Revolusi Industri 4.0, Cina memiliki 60% pembangunan IPTEK dan Kebanyakan negara sudah berada dalam tahap awal diseminasi informasi.

Untuk itu, pemuda dan mahasiswa harus meningkatkan tingkat pendidikan dengan relevan dengan era sekarang, untuk menyesuaikan dengan konektivitas digital, contohnya pengetahuan tentang efek sosial dari kecerdasan buatan dan mengadakan pelatihan-pelatihan tertentu.

Upaya lain juga, seperti meningkatkan kinerja organisasi Sosial Kemasyarakatan beserta program-program pengembangan Sumber Daya untuk melakukan satu Perubahan dan tentunya menyesuaikan dengan arus perkembangan Revolusi Industri 5.0 dan bagaimana hal tersebut dapat berdampak bagi anggota organisasi Masyarkat, Pemuda dan Mahasiswa di Tengah Arus Era 5.0

“Kemampuan mengahadapi masa depan haru belajar Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata,”tambah pria kelahiran Sumbawa ini.

Dapat menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi, Menguasai teknik, prinsip, dan pengetahuan proseduran tentang penggunaan teknologi informasi

Selain itu, dapat mendesain proses bisnis dalam suatu sistem informasi akuntansi yang mendukung penyediaan informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung pengendalian manajemen dan pengambilan keputusan dengan pendekatan siklus pengembangan sistem.

Peran Implementatif dan Ikhtiar Pemprov dalam melibat pemuda dan mahasiswa menghadapi era 5.0, terjawab pada Program unggulan Pemrpov NTB, NTB Tangguh dan Mantap,  Mewujudkan NTB  bersih dan melayani,  Mewujudkan NTB sehat dan cerdas,  Mewujudkan NTB asri dan lestari,  Mewujudkan NTB sejahtera dan mandiri dan  Mewujudkan NTB aman dan berkah.

“Dipertegas juga dengan mengembangkan Potensi SDM/SDA antara lain pengembangan SDM pelalui program beasiswa NTB, luar negeri dan dalam negeri dan juga membangun industrialisasi dan pariwisata, Lombok dan Sumbawa,” tutupnya. (Red/tik)

Post a Comment