Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Terbaik Dalam Penyusunan Master Plan, Lombok Barat Siap Menuju Smart City

Rapat Penyusunan Master Plan Smart City Lombok Barat

Savananews - Usai ditetapkan oleh Kementerian Kominfo sebagai salah satu daerah yang lolos dalam asesmen dan seleksi smart city atau kota pintar bersama 48 Kabupaten/Kota di Indonesia, Lombok Barat bergerak cepat untuk mempersiapkan diri menjadi Kota Pintar.


Setelah menggelar Bimbingan Teknis tahap 3 Oktober 2021 lalu untuk mempersiapkan SDM atau tim teknis smart City, Lombok Barat kembali menggelar Bimbingan Teknis tahap terakhir atau keempat untuk tim teknis smart city Lombok Barat. Bimtek ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, 24 hingga 25 November 2021.

Sekretaris Daerah Lombok Barat Dr.H. Baehaqi mengatakan bahwa Pemkab Lombok Barat berterima kasih kepada tim ahli dan tim pembimbing dari Kementerian Kominfo yang telah membimbing Lombok Barat dalam menyusun master plan dan quick win smart city.

Ia mengatakan bahwa sejak awal Lombok Barat sangat mendukung program smart city yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam program menuju 100 smart city. Pemkab Lombok Barat dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati serta semua jajaran birokrasi mendukung penuh program menuju smart city.

Salah satu bentuk komitmen pemkab Lombok Barat adalah Pemkab mendorong dan memerintahkan semua OPD terlibat aktif dalam penyusunan master Plan smart city. Pemkab juga menyiapkan berbagai regulasi yang dibutuhkan untuk menuju smart city termasuk didalamnya dukungan dan komitmen anggaran dari Pemerintah Daerah dalam program menuju smart city. "Pemkab Lombok Barat terus berkomitmen dalam mendukung program smart city karena akan memudahkan masyarakat" ujarnya.

Baehaqi mengatakan Bimtek tahap keempat yang dilaksanakan menjadi puncak dari penyusunan smart city yang menghasilkan Master Plan atau peta jalan pembangunan smart city daerah. Ia berharap agar target yang telah ditetapkan dalam penyusunan master plant smart city dapat tercapai dan dapat menjadi acuan dalam membangun smart city di Lombok Barat.

Sementara itu tim Pendamping Smart City dari Kementerian Kominfo DR. Techn. Wikan Danar Sunindyo mengatakan progres penyusunan smart city Lombok Barat lebih cepat dan lebih baik dari Kabupaten lainnya. Menurutnya hal ini karena Lombok Barat memiliki Sumber Daya yang sudah siap dalam menyusun master plan smart city sehingga proses penyusunannya tidak terlalu memakan waktu lama.

Hal ini menurutnya menjadi kelebihan bagi Lombok Barat sehingga progres penyusunan master plan smart city cukup baik dan memuaskan. Pihaknya melihat Lombok Barat memiliki potensi dan sumber daya yang baik dalam penyusunan master plan smart city.

"Progresnya cukup baik dan cukup memuaskan. Kami berharap agar penyusunan master plan smart city Lombok Barat dapat dimaksimalkan" ujarnya.

DR. Wikan mengatakan bimtek tahap keempat ini merupakan tahap akhir dalam program penyusunan smart city. Hingga saat ini Lombok Barat memiliki progres cukup memuaskan sehingga diharapkan dapat segera menyelesaikan master plan smart city. Ia bersama tim pendamping smart city kementerian kominfo sangat puas dengan progres yang dimiliki oleh Lombok Barat.

"Perkembangan Lombok Barat sangat baik dan kami harap bisa segera selesai" ujarnya

Ditemui usai acara pembukaan Bimtek, Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat, Ahad Legiarto mengatakan bahwa Lombok Barat merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang lolos dalam asesmen smart city bersama 48 Kabupaten kota Lainnya di Seluruh Indonesia. 48 Kabupaten/Kota yang dinyatakan lulus asesmen tahun 2021 ini masuk dalam kawasan Wisata Prioritas Nasional (KPPN) dan Kabupaten/Kota yang masuk dalam kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Ahad mengatakan bahwa Lombok Barat bergerak cepat mempersiapkan diri menuju smart city dan progres penyusunan master plan yang dilalukan sangat memuaskan. Hal ini sesuai dengan instruksi dan perintah pimpinan daerah untuk melakukan persiapan secara maksimal agar Lobar dapat menuju Smart city.

"Lombok Barat siap menuju smart city dan bimtek ini sebagai salah satu persiapan mendasar yang kami lakukan" ujar Ahad.

Ahad Legiarto menambahkan bahwa Lombok Barat telah melakukan berbagai upaya untuk menuju kota pintar. Hal ini sangat penting agar Lombok Barat dapat menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang memiliki sistem digital untuk mendukung program digital nation dari Kementerian Kominfo.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan dan melancarkan tugas dan fungsi Pemerintah Daerah. Selain itu masyarakat akan dapat terlayani dengan mudah dan cepat dengan adanya sistem digital.

"Lombok Barat sangat mendukung Target dan visi Kementerian Kominfo Untuk mewujudkan digital nation melalui gerakan 100 smart city" ujar Ahad. (*)

Post a Comment