Breaking News

Sambut Peluang MotoGP, Forta Lobar Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Pokdarwis

Foto : Sejumlah Perwakilan Pokdarwis Se Lombok Barat Ikuti Pelatihan Jurnalistik

SAVANANEWS
- Sambut peluang MotoGP yang digelar Maret mendatang, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Lombok Barat mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan Forum Wartawan Lombok Barat (Forta Lobar).


Kegiatan ini untuk memperkuat sumber daya manusia dan menangkap peluang MotoGP bertempat di Balai Pertemuan BKSDA Wisata Alam Kerandangan Desa Senggigi, Sabtu (29/2). 


Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Pokdarwis se-Lombok Barat dengan tema "Perkuat SDM Pokdarwis, Tangkap Peluang MotoGP" ditutup oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan sebelumnya dibuka oleh Sekda Lobar H. Baehaqi. 


"Saya mengucapkan terima kasih atas silaturahim yang kita laksanakan pada sore hari ini dalam rangka penutupan sebuah kegiatan Pelatihan Jurnalistik Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam konteks menyambut pelaksanaan event besar di Pulau Lombok yakni MotoGP," kata Bupati Fauzan. 


Dia menyebut, belajar dari pelaksanaan WorldSBK kemarin skalanya itu kurang lebih 25 persen dibandingkan dengan MotoGP diskalakan 100 persen, sehingga perbandingan 4 kali lipat. 


"Sebagai ilustrasi sampai saat sekarang kita sudah mendapatkan beberapa negara, misalnya komunitas pecinta motor akan menginap di Wisata Alam Gunung Jae Sedau sekitar 250 orang dan ini betul-betul kita manfaatkan," lanjut Fauzan. 


Dia menambahkan, ada travel dari Palembang akan bawa tamu dan menginap di Gili Gede. Pemda juga sudah mendapatkan kepastian sampai saat sekarang, ada dua kapal pesiar akan bersandar dan nginap di kapal karena kekurangan kamar hotel. 


"MotoGP tinggal dua bulan lagi dan ini kita manfaatkan peluang tersebut. Misalnya dari sisi kebutuhan kuliner, transportasi, oleh-oleh sovenir dan kebutuhan lainnya untuk dibawa pulang," terangnya. 


Pentingnya pelatihan jurnalistik ini, kata dia, nanti para tamu yang akan datang itu harus membawa kesan yang baik, sehingga kemudian dari kesan yang baik itu mereka akan cerita dan biasanya efeknya itu satu orang yang cerita, lima sampai sepuluh orang akan tertarik kembali datang ke Lombok. 


"Kegiatan pelatihan jurnalistik pokdarwis ini kita dituntut untuk melatih SDM kita untuk terus meningkatkan kapasitas SDM kita masing-masing. Karena tidak kita pungkiri saat ini arus informasi cepat dan beragam informasi yang mencuat di publik," ujar Ketua Forta Lobar M. Haeruzzubaidi. 


Dia mengatakan, sesuai dengan tema yang diangkat ini, bahwasanya di Lombok Barat banyak sekali desa dengan beragam potensi alamnya, entah itu atraksi, budayanya dan keseniannya. 


"Mohon maaf belum terangkat secara maksimal, baik itu melalui penyajian beritanya dan ini pula Forta Lobar masuk untuk membantu kawan-kawan yang bergerak di desa terutama di lembaga pokdarwisnya untuk lebih maksimal mengatasi itu semua," kata Heru, sapaan akrabnya. 


Kata Heru, saat ini, kita tahu Lombok, NTB khususnya tuan rumah MotoGP. Bagaimana kita berperan, Pemda, Pokdarwis dan jurnalis membantu Pemda menangkap peluang itu melalui memberikan literasi atau memberikan pemahaman wawasan tentang jurnalistik. Bagaimana menulis sebuah informasi yang menarik, promosi suatu daerah, suatu desa supaya menarik bagi semua pihak. 


"Terutama kita menangkap peluang MotoGP yang nantinya para tamu bisa saja membaca informasi bisa melalui tulisan yang kita sajikan semenarik mungkin baik itu melalui media sosial, atau media-media lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, Web Desa atau Web Pokdarwis di desa masing-masing," jelasnya. 


Tujuan dari kegiatan ini lanjutnya, Forta Lobar ingin memberikan pemahaman wawasan kepada pelaku pokdarwis sehingga bisa mempromosikan desanya masing-masing sesuai dengan potensinya. 


"Sebagai laporan kami bahwasanya untuk peserta yang hadir saat ini adalah perwakilan pokdarwis se-Lombok Barat dan satu Kecamatan kita ambil dua perwakilan pokdarwis. Ada juga dari teman-teman OPD, ada dari Kominfo, Protokol dan Komunikasi Pimpinan (ProKoPi) setda Lobar, Humas Sekwan dan Humas Dinas Pariwisata," tutup Heru (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News