Breaking News

DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa Laporan Pertanggungjawaban Bupati

Savananews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lombok Timur gelar rapat paripurna istimeewa laporan pertanggungjawaban Bupati tahun 2021, Jum'at (1/4)

Rumaksi pada kesempatan tersebut menyampaikan rekomendasi pansus DPRD yang mendukung perbaikan kinerja Pemda secara umum, ataupun substansi penyusunan LKPJ.


Pemda berjanji, saran dan rekomendasi akan ditindaklanjuti sebagai wujud cara saling menjaga keseimbangan antara eksekutif dengan legislatif sebagai mitra penyelenggaraan pembangunan.


Sementara itu Gabungan Komisi mengapresiasi Pemerintah Daerah atas sejumlah keberhasilan pencapaian kinerja pembangunan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Bahkan, kinerja beberapa indikator sudah di atas 100%. Namun begitu Gabungan Komisi mengajukan sedikitnya 14 poin saran dan rekomendasi.


Satu diantaranya adalah agar Bupati melakukan evaluasi dan pengendalian secara berkala terhadap pelaksanaan pembangunan dan realisasi anggaran pembangunan untuk memastikan seluruh perencanaan pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat.


Diharapkan tahun 2022 ini pelaksanaan pembangunan baik fisik maupun non fisik dapat segera direalisasikan agar segera dinikmati oleh masyarakat, mengingat kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Saran ini terkait belanja pemerintah hang realisasinta masih di bawah 90 persen.


Gabungan Komisi juga merekomendasikan optimalisasi OPD, utamanya yang merupakan pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) agar lebih meningkatkan kinerjanya, lebih utama dalam penagihan obyek sumber-sumber PAD, termasuk ekstensifikasi sumber-sumber potensial PAD.


Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat juga diharapkan dapat lebih ditingkatkan untuk lebih banyak membawa dana ke Kabupaten.


Percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pun turut didorong Gabungan Komisi. Hal tersebut mengingat IPM sebagai salah satu indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat. Mendukung upaya peningkatan IPM Gabungan Komisi menilai perlunya membentuk tim percepatan peningkatan IPM.


Gabungan Komisi juga melihat pentingnya perhatian terhadap pupuk. Pemda, utamanya OPD terkait dapat lebih adaptif dan cepat merespon kesulitan masyarakat, termasuk yang menyangkut ketersediaan pupuk. (Red)

 

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News