Breaking News

Suhaimi Ajak Masyarakat di Bulan Puasa Sebagai Momentum Mengamalkan Pancasila

Suhaimi ajak warga mengamalkan nilai-nilai kebangsaan

SAVANANEWS - Memasuki bulan suci Ramadhan 1443 hijriah sejumlah tokoh terus melakukan safari ramadhan ke berbagai daerah, tak terkecuali Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu  Suhaimi Ismy.


Dalam kunjungan kerja di Pondok Pesantren Babussalam Kelurahan Gerunung, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, Suhaimi mengajak para masyarakat di bulan ramadhan ini sebagai momentum untuk mengamalkan nilai-nilai kebangsaan  yang tertuang dalam Pancasila, dan undang-undang dasar 1945.


"Kita harus betul-betul patuh dan taat kepada Syariat Agama Islam karena Pancasila sangat relevan dengan agama dan ajaran islam," ungkap Suhaimi, Sabtu (16/4/2022).

.

Disampaikannya, dari semua isi sila yang ada dalam Pancasila, semua telah sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran Islam, dan tidak ada pertentangan sedikitpun.


"Pancasila merupakan pemersatu Bangsa Indonesia, semua tokoh pendiri Indonesia sepakat bahwa Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia, karena Pancasila yang menyatukan kita dari berbagai Agama, suku, ras, dan golongan," tegas Suhaimi.


Menurut Suhaimi, praktek pengalaman Pancasila yang dapat ditegakkan masyarakat yakni menjalankan ibadah berdasarkan kepercayaan masing-masing tanpa harus mengganggu kepercayaan orang lain yang berbeda.


"Salah satu cara dan sudah kita terapkan adalah beribadah dengan baik menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Ini merupakan implementasi secara langsung dari Sila pertama dari Pancasila," ungkap Suhaimi.


Selain hal tersebut, disampaikan Suhiami, praktek pengamalan Pancasila juga dapat dilakukan melalui gotong royong sesama warga negara Indonesia, prinsip keadilan tidak membedakan pelayanan terhadap golongan orang mampu dan tidak mampu. 


Suhaimi memberikan pandangan, nilai kebersamaan dalam gotong royong iyalah seperti dalam hadits Rasulullah SAW, yang menyebutkan 'Khoirunnas anfa'uhum linnas' yang artinya 'sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain'


Anggota DPD dua periode itu menegaskan, Pancasila adalah satu komitmen bersama, kesepakatan dari seluruh golongan  masyarakat di Indonesia, serta semua sepakat bahwa dasar dan sekaligus tujuan hidup berbangsa dan bernegara iyalah Pancasila.


Maka ditegaskan Suhaimi, semua lapisan warga Indonesia wajib untuk menjalankan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News