Breaking News

Sekolah Internasional Mandalika Intercultural School Hadir di Kuta Mandalika


 

Savananews – Berkembangnya sector pariwisata di Kawasan Ekonomi Khsusus Mandalika di Lombok Tengah sebagai salah satu dari 5 destinasi super prioritas, juga ikut berdampak pada kemajuan sektor pendidikan.

Seperti hadirnya  Mandalika Intercultural School merupakan sekolah swasta bertaraf internasional pertama yang berdiridi Kuta Mandalika, Lombok Tengah, yang dibangun pada tahun 2017.

Berdirinya MIS bertujuan sebagai fasilitas penunjang pendidikan untuk para pendatang di kawasan Mandalikadan serta peningkatan taraf pendidikan di kawasan Mandalika.

Dengan membawa konsep sekolah alam yang bersahabat dengan masyarakat lokal, MIS menawarkan pengalaman pendidikan dengan lingkungan belajar yang unik.

Mandalika Intercultural School (MIS) memulai pembangunan gedung sekolah permanenya di awal tahun 2022 yang dirancang khusus dengan menggunakan bahan dasar material bambu sebagai bahan utama bangunannya.

Selain keunikan tersebut, pembangunan sekolah ini berlokasi di tengah persawahan yang menghadap ke perbukitan hijau yang dikelilingi barisan pohon kelapa dan mengimplementasikan corak budaya Sasak ke dalam design bangunannya.

Adapun fasilitas penunjang yang tersedia antara lain adalah ruang kelas modern, lapangan olahraga, ruang pertemuan Manta Hall yang terbuat dari bambu, ruang olahraga Indoor, ruang seni, ruang computer dan sebuah laboratorium sains.

Para siswa juga difasilitasi dengan sebuah mini-farm(peternakan mini) dimana para siswa dapat belajar langsung mengenal berbagai macam tumbuhan dan binatang selama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pembangunan gedung sekolah ini diharapkan akan rampung pada bulan Oktober 2022.

Mandalika Intercultural School (MIS) menawarkan kurikulum pendidikan yang mengacu pada Australian Curriculum Framework untuk program Early Years setara TK atau Taman Kanak Kanak, Australian Curriculum yang di sesuaikan dengan HASS (Humanities and Social Studies) and Science untuk siswa Primary Schooldan Middle Schoolatau Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah pertama.

Sementara untuk program High School atau Sekolah Menengah Atas, MIS menawarkan berbagai pilihan mata pelajaran yang telah di sesuaikan dengan International Cambridge Courses. Disamping pendidikan internasional, MIS juga memberikan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku dan turut memberikan pendampingan kepada siswa siswinya dalam mengikuti ujian nasional.

Dengan sistem kurikulum pendidikan internasional, hal ini memudahkan siswa – siswi di Mandalika Intercultural School (MIS)untuk berpindah sekolah dan/atau untuk melanjutkan pendidikan di negara asalnya.

Mandalika Intercultural School juga menawarkan sejumlah kegiatan ekstra-kurikuler seperti; Surfing, Skate boarding, Yoga, Martial arts, Scuba Diving, Camping dan juga Hiking. Para Siswa MIS juga dilibatkan langsung dalam sejumlah kegiatan sosial seperti; Kuta Lombok Dogs, Batu Bambu Kids Foundation, Lombok Aid, Lombok Plastic Free dan lain sebagainya.

Selain berfokus dengan kegiatan belajar mengajar, MIS juga melakukan kerjasama dengan komunitas lokal yaitu dengan pengurus Taman Pendidikan Al Qur’an di Masjid Baiturrahman Merendeng untuk melakukan kegiatan kolaborasi antara para siswa – siswi MIS dengan siswa – siswi di Taman Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Baiturrahman Merendeng. Salah satu kegiatan kolaborasi tersebut adalah dengan membuka fasilitas Manta Hall untuk umum setelah kegiatan belajar mengajar berakhir dan kelas bahasa inggris. (*)

 

 

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News