Breaking News

Cegah Longsor, Desa Persiapan Penanggak Batulayar Ditanami Ribuan Bibit Kayu dan Buah

Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid menanam bibit kayu dan buah di Desa Persiapan Penanggak, 
 
SAVANANEWS
- Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid didampingi Camat Batulayar Afgan Kusumanegara beserta masyarakat sekitar melakukan penanaman bibit kayu dan buah di Desa Persiapan Penanggak, Kecamatan Batulayar, Jum'at (18/11).

Hadir juga dalam kegiatan Penanaman secara simbolis ini, anggota DPRD Provimsi NTB Multazam, Kadis LHK Prov. NTB, Perwakilan BP-DAS, Ketua KPH Rinjani, Kadis Lingkungan Hidup Lobar, Kadis Ketahanan Pangan Lobar Damayanti, serta unsur dari TNI dan Polri.

Dalam sambutan awalnya, H. Raiman, M. Pd Pjs., Kades Persiapan Penanggak menyampaikan profil Desa Persiapan Penanggak, Kec.Batulayar.

"Di Desa Persiapan Penanggak, jumlah penduduknya 2.722 jiwa dari 703 KK yang tersebar di 4 dusun di wilayah Desa Persiapan Penanggak ini. Adapun 1 dusun saat ini yakni Dusun Bunut Boyot termasuk wilayah Desa Persiapan Penanggak namun secara adminduk masuk wilayah Desa Bengkaung Kec. Gunungsari. Adapun jumlah penduduk Dusun Bunut Boyot ini sekitar 377 jiwa dari 108 KK," ujarnya.

H. Raiman selaku Pjs Kades Desa Persiapan Penanggak meminta untuk dapat arahan menyelesaikan permasalahan wilayah ini dan segera menjadikan Desa Persiapan Penanggak sebagai desa definitif.

Dalam sambutannya juga, H. Raiman berterima kasih kepada pihak terkait yang telah memberikan ribuan bibit kayu dan buah di kegiatan penghijauan ini.

"Kami bersama warga masyarakat di Desa Persiapan Penanggak ini sangat antusias melakukan penghijauan dan berterima kasih kepada BP-DAS prov. NTB yang telah memberikan total 37.000 bibit kayu dan buah dengan jenis Sengon, Raju Mas dan Jati Putih untuk bibit kayu sedangkan bibit buah terdiri dari durian, pete dan alpukat".

Adapun tujuan penghijauan ini untuk menguatkan struktur tanah perbukitan dalam mengantisipasi bencana alam tanah longsor dan banjir.

H. Fauzan Khalid,Bupati Lombok Barat 2 periode ini dalam sambutannya menjawab permasalahan yang telah disampaikan Pjs Kades Persiapan Penanggak mengenai status warga yang masuk wilayah desa tetangga, Desa Bengkaung.

"Sebelumnya, saya menanggapi Penjabat Kades Persiapan Penanggak menyangkut Dusun Bunut Boyot ini, insyaa Allah saya akan minta kepada Kadis PMD untuk memasukkan di dalam pembahasan Perda Desa agar Desa Persiapan Penanggak menjadi desa definitif dan alhamdulillah informasi ini masuk sebelum pembahasan perda desa yang menjadi prioritas dalam rangka pemekaran desa," ujarnya.

"Kembali ke agenda kita, mudah-mudahan agenda kita terus berlanjut. Saya berharap sekali, seharusnya masyarakat kita yang tinggal di sekitar kawasan hutan, tidak boleh menjadi miskin. Karena ada yang dikelola yaitu hutan".

Dijelaskan juga, bahwa pengelolaan hutan negara yang diberikan kepada masyarakat dapat menambah manfaat lebih kepada warga masyarakat sekitar hutan dengan modal sabar dan istiqomah.

Di akhir sambutannya, H. Fauzan Khalid berharap tahun 2023 Desa Persiapan Penanggak menjadi desa definitif dan dapat berkembang.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis bibit kayu dan buah oleh bupati Lombok Barat beserta warga masyarakat Desa Persiapan Penanggak. (*)

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News