Breaking News

Warga Desa Kesik Gelar Tradisi "Nunas Nede"


 Savananews - Ragam cara warga Desa di Kabupaten Lombok timur menyambut musim penghujan di tahun ini. Seperti di Desa Kesik Kecamatan Masbagik warga menggelar tradisi "Nunas Nede".

"Nunas Nede" sendiri memiliki makna minta tolong kepada sang maha pencipta untuk selalu diberikan kemudahaan dalam bercocok tanam.

"Tradisi ini kita gelar setiap tahun", kata Kepala Desa Kesik, M.Kadri.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian ritual Nunas Nede ini dimulai dari "Lingkoq Rumetak" (kolam mata air) sebagai lokasi untuk mengambil air. Dari tempat inilah masyarakat berbondong - bondong  menuju lokasi acara puncak, yang digelar di "Lingkok Tirta Ratu" dengan diringi lantunan musik tradisonal Lombok.

"Lingkok Tirta Ratu" ini  merupakan tempat dibangunnya destinasi wisata dan akan menjadi ikon baru Desa Kesik yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Dikesempatan itu juga, Kadri  mengajak semua lapisan masyarakat untuk bangga atas anugerah yang Allah SWT berikan selama ini, baik rizki, keselamatan dan sebagainya.

Desa Kesik, sambung M. Kadri, syarat akan budaya yang dibuktikan dengan berbagai macam bentuk kesenian dan adanya beberapa sanggar budaya serta beberapa hasil karya seni masyarakat. 

"Salah satunya karya seni yang dijaga yakni Jaran jorong atau kuda-kudaan yang dibuat langsung di sini dan berbagai macam alat - alat musik tradisional lainnya," ungkapnya.

Hadir dalam tradisi tersebut, Bupati Lotim, Drs. H. M. Sukiman Azmy, MM mengapresiasi persatuan masyarakat dalam merawat budaya masyarakat. Semua ini atas keberhasilan dan keuletan Pemdes Kesik yang terus membangun silaturrahim kepada masyarakatnya.

Bupati meyakini beberapa tahun ke depan, lokasi ini sudah ada kemajuan sehingga sudah dapat menghasilkan PADes yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat. 

Disisa masa jabatannya yang berakhir pada tahun 2023, bupati berharap semoga dapat memberi sumbangsih kepada masyarakat Desa Kesik. Baik berupa asobah maupun perbaikan jalan yang ada di Desa Kesik. 

Pada kesempatan itu, bupati mendorong kepada seluruh Kades untuk terus berusaha agar kue anggaran yang ada pemerintahan pusat turun ke desa-desa di Kabupaten Lotim. Maka dari itu, atas ritual "Nunas Nede" ini, bupati berharap adanya berkah, ridho, rezeki untuk pemerintah dan masyarakat khususnya di Desa Kesik. (Dune).

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News