Breaking News

Sebulan tidak Melaut, Ratusan Nelayan di Dusun Cemara Dapat Bantuan Sembako

Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Barat Menyerahkan bantuan Sembako Dari Pemerintah Provinsi untuk masyarakat pesisir di Dusun Cemara

SAVANANEWS
- Ratusan masyarakat pesisir dan para nelayan yang terdampak cuaca buruk di Dusun Cemara, Desa Lembar selatan, Kecamatan Lembar, Lombok barat mendapat bantuan sembako dari Dinas Kelautan Provinsi NTB, Jum'at (13/1). 


Bantuan sembako berupa Minyak goreng, mie instan telur, Air galon dan Ikan Kaleng diberikan untuk keluarga nelayan guna meringankan beban ekonomi mereka yang terpuruk akibat tidak pernah melaut.


Kepala dinas Kelautan dan perikanan (DKP) Kabupaten Lombok Barat Ir Lalu Sukawadi M.Si mengapresiasi bantuan yang diturunkan oleh Gubernur NTB melalui Kepala dinas DKP NTB tersebut, ia tak hentinya mengucap rasa syukur bahwa dengan adanya bantuan ini masyarakat pesisir bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk beberapa hari kedepan. 


"Alhamdulillah usulan kita direspon oleh bapak Gubernur, dan pada hari ini kita bersama-sama memberikan bantuan untuk masyarakat pesisir," Ucapnya Usai menyerahkan bantuan sembako dengan DKP Provinsi NTB. 


Seperti dilaporkan, cuaca buruk yang terjadi sejak akhir tahun lalu membuat 125 kepala keluarga di dusun Cemara tidak pernak melaut hingga harus banting setir menjadi pekerja serabutan, untuk mencukupi kebutuhan ekonomi.


"Alhamdulillah hari ini kita sudah bisa penuhi permintaan masyarakat pesisir untuk kebutuhan mereka lima hari kedepan," Katanya. 


Kedepan pihaknya akan melakukan inovasi untuk mengantisipasi terjadinya cuaca buruk yang kerap berdampak pada masyarakat pesisir. Selain memetakan kebutuhan para nelayan, pihaknya berencana akan membangun cool storage untuk nelayan. 


Cool Storage ini berfungsi menampung hasil tangkapan para nelayan sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama, dengan demikian nelayan tidak perlu khawatir lagi akan kebutuhan mereka ketika terjadi cuaca buruk. 


"Masyarakat nelayan bisa menyimpan hasil tangkapan mereka selama dua bulan dengan cool Storage ini," Ujarnya. 


Melalui bantuan ini, para nelayan tidak hanya diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pangan keluarga mereka, namun juga bisa lebih mandiri, sehingga tidak khawatir lagi dengan adanya cuaca ekstrem. 


Diwaktu yang sama, Nurdin salah seorang nelayan di Dusun Cemara merasa bersyukur adanya bantuan tersebut, ia mengaku telah libur melaut selama sebulan lebih. 


"Sudah sebulan lebih kita tidak melaut, alhamdulillah dengan bantuan ini ada kita pakai untuk mencukupi kebutuhan dapur," Katanya. 


Pihaknya berharap pemda juga memberikan bantuan alat tangkap sebagai pengganti sarana prasarana mereka yang telah rusak diterpa badai dan gelombang tinggi karena cuaca buruk. 


"Kita berharap supaya ada bantuan alat ini juga karena nelayan banyak yang rusak alat tangkap mereka setelah di guyur badai kemarin," Harapnya. (*) 

0 Comments

© Copyright 2022 - Savana News